Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Wapres Ma’ruf Amin Ziarah ke Makam Pendiri Tangerang

by administrator - 06/08/2020 22:07:02
IMG

BSD-Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ziarah ke makam Pahlawan Raden Aria Wangsakara di Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (6/7) sore.

Putri Ketiga Wapres KH Maruf Amin, Siti Nur Azizah, menyampaikan bersama orangtua melakukan ziarah di mana keduanya hadir baik Wuri Estu Handayani dan Abah KH Maruf Amin. Turut didampingi beberapa tokoh ulama Tangsel, di antaranya Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam, Pimpinan Ponpes Assadah KH Ahmad Ghozali dan KH Irfan.

“Ini buyut saya, pendiri Tangerang Pangeran Aria Wangsakara. Kami ke sini berziarah berdoa dan tahlil bersama Abah dan Ibu ,” tutur Azizah.

Melihat dari rekam jejak dan sejarah perjuangan Raden Aria Wangsakara, terjadi di masa penjajahan Belanda, maka tidak lah berlebih apabila nenek moyangnya tercatat sebagai salah satu pahlawan nasional yang telah banyak berjasa melawan penjajah. Dirinya mengaku akan mendorong upaya itu.

“Kita akan mendorong (untuk dijadikan pahlawan Nasional), karena beliau berjuang melawan penjajahan di Tangerang di Zaman VOC (Belanda),”jelasnya.

Wakil Ketua Bidang Sejarah Balai Adat Keariaan Tangerang Tubagus Nurfadil, menambahkan Wakil Presiden RI memiliki garis keturunan langsung dari Ayah maupun Ibunya dengan Bupati Tangerang pertama ini.

“Betul, jadi KH. Ma’ruf Amin ini ada silsilah, yaitu dari Ibu dan Bapaknya. Nah kalau silsilah garis Ibunya itu nyambung ke silsilah garis keluarga Tanara, termasuk kerabat dari pada Sanawi Tanara. Beliau (KH. Ma’ruf Amin) keluarga dari garis ayahnya beliau. Nanti ada lagi dari garis nenek buyutnya dan bersambung kepada Aria Wangsakara, yang merupakan tokoh Tangerang dan beliau sebagai imam kesultanan Banten,” singkatnya.(din/rls)

 


Baca Juga