Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

SD Negeri Mulai Persiapkan Fasilitas Protokol Kesehatan

by administrator - 28/07/2020 21:06:17
IMG

CIPUTAT-Lingkungan sekolah saat ini tengah memersiapkan masa kebiasaan baru dengan menyediakan tempat cuci tangan. Di beberapa sekolah sudah menerapkan aturan ini, dalam memersiapkan keselamatan dan kesehatan generasi ke depan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono menyampaikan hampir di seluruh sekolah baik SDN dan SMPN saat ini tengah menyiapkan fasilitas protokol kesehatan seperti penyediaan tempat cuci tangan. Penyediaan tempat cuci tangan meski siswa masih belajar secara jarak jauh, tapi menurutnya sangat penting untuk dilengkapi terlebih dahulu.

“Menyediakan tempat cuci tangan bagi siswa dan guru salah satu upaya dalam menyongsong kebiasaan baru. Sebab Corona tidak akan hilang begitu cepat, selagi belum ada vaksinya. Oleh sebab itu yang perlu dipersiapkan adalah kebiasaan hidup baru di antarnya sebelumnya jarang menggunakan masker, saat ini harus menggunakan masker, yang sebelumnya jarang mencuci tangan dalam kuantitas besar dalam hitungan jam, sekarang sudah harus dibiasakan,” ujar Taryono.

Mengapa demikian? Karena faktor tertularnya Corona akibat terkena droplet maka disarankan gunakan masker. Termasuk benada yang terkena virus Corona. Maka sebaiknya mencuci tangan sesering mungkin. Di sekolah para siswa saat nanti sudah masuk sekolah bertatap muka harus disiplin, tidak boleh malasa mencuci tangan.

“Siswa nantinya dibiasakan mencuci tangan, harus selalu bersih dan higienis. Untuk menghindari potensi penularan. Kebiasan-kebiasaan inilah yang akan dilalui oleh kita semua, baik orangtuanya, serta para murid-muridnya dan guru ajar di lingkungan sekolah,” jelas ia.

Adapun proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka untuk peserta didik bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Keputusan SKB 4 Menteri, baik Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Agama jika kabupatan kota dalam zona hijau, maka tahap selanjutnya Pemda atau Kakanwil/Kantor Kemenag member zizin, lalu satuan pendidikan penuhi semua daftar  persiksa dan siap pembelajaran tatap muka baru pada tahap orantuan setuju untuk pembelajaran tatap muka. Ya atau tidak. Setiap tahapan jika tidak sesuai dengan penilaian maka siswa tetap bajalar di rumah.

 “Jika tidak peserta didik melanjutkan belajar dari rumah secara penuh. Tapi jika semua terpenuhi maka peserta didik memulai pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan secara bertahap,” jelas Taryono.

Misalnya di SMPN 8 Tangsel, Taryono menyebut sudah disiapkan. Tentunya kapasitasnya akan disesuikan dengan siswa yang ada suapaya ideal. Jangan sampai jumlah siswa banyak tapi tidak dikukur sehingga antrian lebih panjang sehingga tidak bisa menjaga jarak satu dengan yang lain. Demikian di SDN Pondok Benda 1 Kota Tangsel sudah disediakan tempat cuci tangan portabel dengan sistim injak untuk mengeluarkan air demikian sabunnya. Cara ini sebagi solusi paling jitu menghindari langsung bersentungan dengan tangan.

“Demikian di SDN Pondok Jagung 2 Serpong Utara menyediakan wastafel di setiap depan pintu kelas Ini semua dalam rangka mempersiapkan masa kebiasaan baru,” tambah Taryono.

Pihaknya pun menyampaikan informasi kepada seluruh sekolah baik TK SD dan SMP baik negeri dan swasta sehubungan PSBB hingga 8 Agustus mendatang. Maka kegiatan aktivitas pendidikan pembelajaran jarak jauh dan guru mengajar dari sekolah sesuai protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan siswa tetap bejalar dari rumah. Untuk layanan administrasi pendidikan dilaksanakan di sekolah, tentunya sesuai dengan protokol kesehatan.

“Untuk siswa tetap belajar dari rumah sesuai jadwal pelajaran khusus, memakai seragam sekolah, diabsen sebagaimana biasa. Sekolah juga akan menerapkan point reward bagi siswa tertib dan poin sanksi bagi siswa yang tidak tertib,” jelasnya.

Pembelajaran Jarak Jauh mengandung makna menyenangkan bagi siswa. Sambil sekolah melakukan persiapan memasuki masa kebiasaan baru yaitu dengan melengkapi wastafel  dengan air mengalir. Menyediakan fasilitas sanitasi seperti toilet harus berfungsi dengan baik serta menyediakan alat pengecekan subu tubuh.(din)

 

 


Baca Juga