Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

60 Ibu di Kelurahan Rengas Dilatih Jadi MC Handal

by administrator - 23/07/2020 22:17:44
IMG

CIPUTAT TIMUR-Upaya meningkatkan keterampilan kaum ibu-ibu dibekali kemampuan master ceremony (MC). Mereka dilatih oleh para mentor handal berpengalaman sehingga dalam pelatihan langsung praktik cara menjadi pembawa acara yang lugas dan jenaka sehingga enak didengar para hadirin.

Lurah Rengas Kecamatan Ciputat Timur, Agus Salim menyampaikan seusai membuka acara pelatihan kegiatan pengkatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Rengas, dengan tema “Pelatihan MC” Kamis (23/7) menghadirkan 60 perseta dibagi di dua ruangan lantai satu dan dua yang dihadiri oleh Sekretaris Kecaamtan Ciputat Timur Mukroni.

“Tujuan diadakanya pelatihan MC dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia di Kelurahan Rengas. Karena MC ini sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan-kegiatan di lingkungan tingkat RT/RW. Tentu dengan adanya pelatihan MC ini,  sewaktu-waktu ada kegiatan di wilayah, tidak bingung lagi, karena para ibu-ibu sudah bisa. Yang pasti karena kebutuhan MC cukup banyak dan sangat penting, para peserta ibu-ibu dengan adanya pelatihan MC ini mereka sangat antusias,” ujar Agus Salim.

Keterampilang meng-MC memang terlihat gampang. Tapi sesungguhnya tidak lah mudah. Karena berbicara dihadapan orang banyak harus butuh kebiasaan. Jika tidak biasa pasti akan grogi dan konsep yang sudah dirancang di dalam kepala bisa buyar. Jika sampai buyar maka susunan kalimat yang akan disampaikan bisa tidak sesuai harapan. Oleh karena itu, sampai mereka mahir yang pasti dapat mendatangkan rizki.

“Jika mereka sudah mahir akan mendatangkan rezki dikemudian hari, karena akan banyak yang menggunakan keterampilannya baik tingkat kelurahan dan kecamatan dan acara-acara besar lainnya,” tambah ia.

Di tengah Covid-19 tentunya protokol kesehatan menjadi syarat utama. Oleh panitia, dibagi menjadi dua raungan, yang satu di lantai satu dan di lantai dua.  Supaya duduknya berjarak. Para ibu juga menggunakan masker. Dalam pelatihan ini mendatangkan empat pembicara yang sudah mahir dalam ber MC.

“Alhamdulillah pelaksanaanya berjalan lancar, dengan dibagi menjadi dua ruangan lantai satu dan dua. Tentunya dalam rangka mematuhi kebijakan pemerintah, dengan menjaga jarak, menggunakan masker, ran rajin cuci tangan, jadi semua dilakukan untuk upaya pencegahan,” jelasnya.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Kelurahan, Kelurahan Rengas, Ulfatussakinah menambahkan melalui pelatihan MC berharap dapat menambah keberanian ibu-ibu berbicara di hadapan banyak orang. Semakin sering diasah setelah mengikuti pelatihan maka kemampuan semakin baik. Dengan demikian, kamampuannya akan banyak digunakan di berbagai acara baik tingkat lingkungan atau acara-acara besar.

“MC ini butuh latihan, bagaimana teknik-tekniknya supaya pesan yang disampaikan mudah dicerna oleh hadirin. Semoga melalui pelatihan ini bisa menambah percaya diri saat berbicara di hadapan banyak orang. Dengan kata lain, MC adalah keterampilan yang perlu dipelajari bagi siapapun,” pesannya.(din)


Baca Juga