Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

Awasi Tahapan Coklit Data Pemilih

by administrator - 14/07/2020 20:51:12
IMG

SERPONG- Pada 15 Juli nanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak akan melakukan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Dalam pelaksanaannya nanti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan melakukan pengawasan langsung.

Guna menjaga kesehatan para Panitia Pengawas Kecamatan (Pnawascam), dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) diberikan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan protokol kesehatan. Di mana dalam pelaksananya nanti, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan melakukan pendataan sesuai dengan Daftar penduduk Potensi Pemilih Pemilu ( DP4).

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep menjelaskan, bahwa penyerahan APD ini dalam rangka memberikan fasilitas kepada pengawas yang melakukan pengawasan terhadap pendataan coklit. Di tengah wabah Covid-19 ini pengawasan juga melakukan pengawasan terhadap protokol kesehatan PPDP.

”Jadi, kalau ada PPDP yang tidak memenuhi protokol kesehatan pada proses pendataan coklit, maka masuk ke dalam pelanggaran administrasi,” kata Acep saat menyerahkan APD secara simbolis kepada Panwas Kecamatan.

Adapun APD yang diberikan adalah face shield, hand sanitizer, masker dan vitamin. Keempat barang tersebut wajib digunakan oleh pengawas pada saat melakukan pengawasan coklit.

“Saat ini seluruh petugas yang sedang bekerja harus sesuai dengan protokol kesehatan, karena kita melaksanakan Pilkada di tengah wabah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara, Bawaslu Kota Tangsel juga terus melakukan pemantauan terhadap petugas coklit. Dikhawatirkan PPDP merupakan salah satu anggota partai. ”Jadi datanya kita rekap. Apakah ada PPDP yang merupakan anggota partai,” kata dia.

Bawaslu berusaha memastikan bahwa coklit yang dilakukan oleh PPDP bebas dari pelanggaran. Dengan pendataan yang dilakukan langsung oleh pengawasan baik itu dari Panwas Kecamatan atau PPL(dra)

n.)


Baca Juga