Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

Kemenparekraf Salurkan 1.910 Paket BaLaSa

by administrator - 13/07/2020 21:59:47
IMG

SERPONG-Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif terima bantuan dari Kementerian Pariwisata da Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui program kerjasama dengan Komisi X DPR RI berupa sembako dan bahan pokok lauk siap saji. Bantuan tersebut diberikan di Mapolres Kota Tangsel, Senin (13/7). Nantinya, bantuan ini akan didistribusikan oleh Polres Kota Tangsel.

Sebanyak 1.910 paket Bantuan Bahan Lauk Siap Saji (BaLaSa) didistribusikan di Tangerang Raya. Acara serah terima secara simbolis dilaksanakan di Mapolres Tangsel di BSD yang diwakili oleh Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Pemasaran, Yuana Rochma Astuti, Rano Karno Anggota Komisi X DPR RI, Wakapolres Tangsel Kompol St. Luckyto Andry.

Anggota DPR Komisi X DPR RI, Rano Karno menjelaskan di dalam bidang yang dibawahi oleh Komisi X hanya ada empat Kementerian. Dan keempatnya terdampak Covid-19. Misalnya, Pendidikan dan Pariwisata.

Rano menyampaikan, dari situasi ini, dia tahu bahwa banyak kebutuhan masyarakat yang terhambat untuk dipenuhi. Sehingga dibutuhkan bantuan yang mampu menyokong kehidupan orang-orang yang bekerja di bidang-bidang tersebut.

”Karena itulah kami hadir,” kata Rano di hadapan seluruh tamu undangan.

Dia berharap dengan sedikitnya bantuan ini bisa membantu memenuhi sedikitnya bantuan untuk masyarakat Kota Tangsel. ”Karena ini kegiatan yang ke dua, maka pasti ada kegiatan yang ketiga dan selanjutnya,” kata dia.

Sebagai bentuk perhatiannya yang lain, Rano juga menjelaskan,  bahwa dirinya membuat sebuah kegiatan rutin yang dinamai dengan Jumat Berkah. Yang sampai saat ini diikuti oleh rekannya di bidang kesenian.

Sementara Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Pemasaran, Yuana Rochma Astuti menjelaskan, bahwa bantuan ini tidak hanya diberikan di Kota Tangsel atau Kabupaten Tangerang saja, melainkan juga di beberapa daerah. Terutama daerah yang terdampak Covid-19.

”Tentu saja kami tidak akan berhenti di sini. Nantinya bantuan ini akan terus dilakukan dan disebarkan di beberapa daerah,” kata dia yang diakhiri dengan ungkapan terimakasih atas bantuan Polres Tangsel yang bersedia mendistribusikan bantuan ini.

Diharapkan program ini dapat membantu para pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif  dalam menghadapi periode krisis akibat pandemi Covid-19 sampai aktivitas industri pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berjalan kembali dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan dalam tatanan kehidupan normal yang baru.

Kemenparekraf/Baparekraf terus berupaya untuk mensosialisasikan kampanye penerapan Cleanliness, Health and Safety (CHS) pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui program seperti penyusunan panduan teknis (handbook) protokol kesehatan untuk sektor parekraf dan kampanye Indonesia Care (I Do Care) yang baru saja diluncurkan pada Jumat, 10 Juli 2020. Semua upaya tersebut dilakukan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia setelah adanya hantaman keras dari penyebaran Covid-19.

Wakapolres Kota Tangsel Kompol St. Luckyto Andry menjelaskan, bahwa bantuan ini memberikan banyak manfaat kepada masyarakat terutama yang bekerja di bidang pariwisata dan eknomi kreatif. Nantinya Polres akan mendistribusikan bantuan ini kepada masyarakat yang membutuhkan.

”Saat ini Indonesia memasuki darurat ekonomi. Setelah sebelumnya Indonesia mengalami darurat kesehatan. Jangan sampai, ini menghambat pemenuhan kebutuhan masyarakat,” kata Lucky pada saat menerima bantuan tersebut.

Dia berharap dengan bantuan ini juga kebutuhan masyarakat sedikit terbantu. Sehingga kehidupan tetap berjalan. Dan roda perekonomian juga tetap bisa dilakukan. Sehingga tidak ada lagi hambatan dalam rangka pembangunan daerah.

Adapun bantuan yang diberikan berupa lima kilogram beras, dua liter minyak, satu buah kecap, dua kaleng sarden, teh, gula, dan sambal kemasan. Semua paket ini diberikan ke Polres Tangsel sebanyak 1.091 paket,  kemudian Kabupaten Tangerang 333 paket, dan Kota Tangerang 486 paket.(irm)


Baca Juga