Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

Binaan CSR PT Indah Kiat Menjadi Percontohan Nasional

by administrator - 09/07/2020 21:43:24
IMG

SERPONG UTARA-Binaan PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mill Tbk, budidaya ikan lele dan hidroponik jadi percontohan nasional di RW 04 Margajaya Kelurahan Pakulonan Serpong Utara. Secara resmi dilauching kemarin pagi Kamis (9/7) sebagai Kampung Jawara Tangsel.

Turut hadir Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono, para kapolres se wilayah hukum Polda Metro Jaya sedikitnya ada 13 kapolres. Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, jajaran di bawahnya, para kepala dinas, Camat Serpong Utara Bani Khosyatullah, Lurah hingga RT dan RW serta masyarakat.

Berkesempatan pejabat yang hadir turut serta memanen ikan lele, serta menyebar bibit ikan lele dan memanen tanaman hidroponik. Lauching Kampung Jawara Tangsel berjalan mulus penuh dengan kegembiraan yang menggambarkan, masyarakat bangkit kembali setelah dihantam pandemi Corona. Ini adalah bukti nyata masyarakat mampu berdampingan dengan Corona.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Mill Kholisul Fatikhin seusai mengikuti rangkaian kegiatan menyampaikan, hari ini dirinya begitu berbahagia. Mengapa,  karena program CSR yang dirintis 4 tahun silam tepatnya 2016 yang lalu, yaitu budi daya ikan lele membuahkan hasil memuaskan. Terbukti hari kemarin, bisa mensuport program pemerintah menjadi Kampung Jawara.

“Kami ikut bangga dan senang karena masyarakat  masih bisa mempertahankan pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan yang kita rilis empat tahun hingga hari ini dari budi daya iklan lele hingga hidroponik,” ucapnya penuh semangat.

Sedikitnya sejak tahun pertama hingga tahun kedua lebih kurang 20 ribuan bibit ikan lele disalurkan kepada warga. Setelah dua tahun, pihaknya melepas dan terbukti mereka bisa mandiri, mulai dari pembesaran sampai mereka membuat pembibitan.  Perihal dinobatkan Kampung Jawara Margajaya Kelurahan Pakulonan Serpong Utara sebagai pionir secara nasional tentu akan lebih banyak lagi kampung jawara di Tangsel dan kampung tangguh secara nasional.

“Jadi kami ikut bangga karena peran kami pada awalnya dan ternyata membuahkan hasil. Masyarakat lebih tahan pada ketahanan pangan. Ini tidak terlepas dari binaan Program CSR Indah Kiat. Yang kemudian berkembang adanya pelatihan-pelatihan seperti krupuk lele, abon lele dan nugget. Setelah itu kami juga  mengadakan pelatihan hidroponik setahun lalu,” tambah ia.

Selama perjalanan empat tahun,  program yang digelontrokan terus berkembang serta diminati oleh masyarakat. Tentu jika hanya pabrik saja tidak bisa optimal tanpa ada peran serta masyarakat. Oleh sebab itu, pendampingan terus dilakukan. Nantinya akan ada pengembangan kombinasi antara perikanan dengan hidroponik atau aqua ponik dengan konsep di bawahnya ikan, di atas tanaman untuk meningkatkan produktifitas,” beber pria kelahiran Pekalongan Jawa Tengah ini.

Kendati memang, saat ini baru memenuhi permintaan secara rutin saja. Belum sampai memenuhi pasokan pasar skala besar. Mungkin ke depan bisa lebih banyak lagi. Dirinya berharap masyarakat lebih peduli terhadap kehidupan normal baru, serta ketahahan pangan diharapkan terus ditingkatkan serta budaya baru dengan sering mencuci tangan, serta menggunakan masker semakin diperhatikan.

“Sehingga Kampung Jawara ini benar-benar bisa tahan terhadap wabah Covid-19. Serta mudah-mudahan masyarakat sehat semua, tidak ada satupun terkena Covid,” doanya.

Ketua RW 04 Margajaya Kelurahan Pakulonan Serpong Utara, Haidir  menyampaikan secara pribadi dan atas nama masyarakat bersyukur dan bangga di mana wilayahnya dinobatkan sebagai percontohan nasional, yang mewakili Kota Tangsel. Sisi lain tentunya menjadikan pekerjaan besar bersama seluruh warga. Oleh karena itu, bagus bukan saat dilauching semata tapi bagaimana ini bisa semakin berkembang dengan baik ke depannya.

“Terobosan yang kami jalankan bukan hanya di Kampung Jawara saja tapi akan kita lanjutkan secara berkepanjangan salah satunya mengedukasi sistim hidroponik yang diberikan pelatihan oleh Indah Kiat dan kita akan kembangkan,” jelasnya.

Lanjut ia, PT Indah Kiat sebuah perusahaan yang selalu memberikan program CSR. Filosofi yang Haidir ungkapkan,  Indah Kiat bukan memberikan ikannya, tapi memberikan kail sehingga masyarakat diajak untuk berusaha, menggali potensi yang ada, agar berkembang pesat. Tentu tidak lain, mengapa ini bisa berhasil sedemikian rupa berkat kontribusi Indah Kiat serta kekompakan semua warga.

“Dan memang kami akan terus kembangkan ilmu yang disalurkan selama ini untuk kesejahteraan masyarakat. Terlebih kawasan ini di tengah perkotaan lahannya sangat sempit maka perlu berinovasi dengan memanfaatkan pekarangan yang ada,” tutupnya.(din)


Baca Juga