Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

Kemenag Tangsel Tetap Buka Layanan Eazy Paspor Gandeng Imigrasi Kelas 1 Tangerang

by administrator - 07/07/2020 22:01:49
IMG

SERPONG-Kantor Kemenag Tangsel kerjasama Imigrasi Kelas 1 Tangerang untuk pembuatan Eazy Paspor bagi jamaah haji Tangsel. Kendati Kementerian Agama RI membatalkan keberangkatan haji tahun 1441 H/2020 M, namun kepengurusan paspor untuk calon haji tetap dibuka.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak. Seluruh jemaah haji diharuskan mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Pihaknya melakukan kerjasama dengan Imigrasi Kelas 1 Tangerang. Dengan adanya kerjasama ini maka mempermudah dalam pembuatan Eazy Paspor. Dalam pembuatan ini juga diterapkan protokol kesehatan supaya tidak terlalu berdesak-desakan, menghindari potensi penularan Covid-19.

“Alhamdulillah, dengan adanya kerjasama ini mempermudah jemaah haji Tangsel dalam pembuatan paspor. Dalam rangka menjalankan protokol kesehatan, pembuatan eazy paspor ini dilakukan dalam dua hari agar jemaah tidak berjubel,” kata Rojak.

Lanjut ia, meski memang tahun ini tidak ada pemberangkatan jamaah haji, namun tidak masalah untuk pembuatan Eazy Paspor. Khususnya mereka yang belum mengurus paspor. Maka dari itu pelaksanaan kewajiban mereka tetap dijalankan untuk melengkapi dokumen penting yaitu paspor. Karena tahun depan apabila mereka tidak mengambil uang pelunasan ibadah haji atau diambil terus nanti dilu naskan, diberikan kesehatan dan umur panjang, maka akan berangkat musim haji tahun depan.

“Meski ditutup tetap pelayanan pembuatan paspor dilaksanakan, karena masih ada jamaah yang tahun ini seharusnya berangkat tapi karena larangan dari permerintah adanya covid belum membuat. Oleh sebab itu pelaksanaan pembuatan dipermudah dengan mendatangkan dan mendekatkan pembuatan paspor,” jelasnya.

Pembuatan Eazy Paspor dibagi menjadi dua hari, Senin-Selasa (06-07/07). Hal ini disampaikan oleh Kasi PHU Kemenag Tangsel, Tutun HS. Tutun menjelaskan, meskipun ada pembatalan pelaksanaan ibadah haji, namun layanan pembuatan paspor tetap dilakukan.

Kegiatan pembuatan Eazy Paspor ini juga disaksikan oleh Pihak imigrasi Kelas 1 Tangerang menjelaskan pelayanan keimigrasian, termasuk pemberian paspor, secara umum masih ditutup sementara selama masa pandemik, mengikuti ketentuan Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia), dan Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020.(din)


Baca Juga