Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Bawaslu: Pengawasan DPT Berkelanjutan Harus Maksimal

by administrator - 02/07/2020 19:43:58
IMG

SERPONG-Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M Sudih memaparkan kerawanan yang terjadi pada salah satu pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Yaitu pada saat tahapan penyesuaian DPT Berkelanjutan yang akan dilakukan oleh KPU.

 

Didih menjelaskan bahwa Bawaslu harus lebih jeli dalam memastikan jika seluruh masyarakat memiliki hak pilih dalam Pilkada 2020. Yaitu pengawasan terhadap validasi data yang direkam oleh KPU.

 

”Persoalan ini memang kla­sik. Tapi tetap harus diawasi,” katanya.

 

Selain itu, pengawasan juga harus dilakukan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Bawaslu harus memastikan bahwa petugas benar turun ke lapangan. Melakukan pendataan dari pintu ke pintu.

 

”Jadi pastikan kalau PPDP tidak hanya duduk di belakang meja. Juga PPDP harus sesuai dengan surat tugas. Jangan sampai, yang ditugaskan siapa yang turun ke lapangan berbeda orang,” kata Didih.

 

Kemudian, dia juga menjelaskan bahwa, Bawaslu juga punya kewenangan untuk mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan terhadap PPDP. ”Jadi mereka harus memastikan, ini PPDP ini sesuai dengan surat tugas atau tidak,” ungkapnya.

 

Terakhir, Didih juga memberitahukan kepada seluruh Bawaslu dan lembaga adhoc di bawahnya harus memerhatikan pelaksanaan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. ”Jadi, pelaksanaan protokol kesehatan harus diawasi. Jangan sampai ini terlewat,” pungkasnya.(irm)

 


Baca Juga