Tangerang Selatan IMG Saturday, 31-10-2020
IMG-LOGO

Perijinan di Tangsel Turun Hingga 50 Persen

by administrator - 09/06/2020 21:15:02
IMG

SERPONG-Dapak dari Covid-19 juga dirasakan oleh pelaku usaha dan investor. Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat penurunan perizinan terjadi hingga 50 persen dari biasanya.

Kepala DPMPTSP Bambang Noertjahjo  menjelaskan bahwa, hal ini terjadi akibat dari grafik perekonomian yang terdampak langsung oleh wabah Covid-19. Umumnya jumlah perizinan ini mengalami penurunan di bidang perekonomian.

”Kalau perizinan rumah itu masih stagnan,” kata dia yang menambahkan bahwa setiap pelayanan perizinan harus memenuhi unsur protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19.

Protokol tersebut diberlakukan oleh DPMPTSP saat harus melakukan pertemuan dengan pemohon perizinan. Dengan memanfaatkan teknologi, serta peralatan kesehatan diri, Bambang memastikan bahwa petugas perizinan sudah dilengkapi oleh alat pencegahan.

Salah satu hal yang dilakukan DPMPTSP juga adalah mengurangi pertemuan langsung mengenai konsultasi perizinan. ”Jadi setelah dikurangi kegiatan tersebut. konsultasi bisa dilakukan dengan menggunakan telepon saja,” kata dia.

Selain itu, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan memberikan izin dalam bentuk bangunan. DPMPTSP saat ini masih terus memberlakukan survey lapangan. Dalam masa covid-19 ini. Survey lapangan yang dilakukan juga harus memenuhi protokol kesehatan.

Bambang memastika bahwa timnya terus melakukan koordinasi. Terutama ketika mereka harus pergi  ke lapangan untuk melihat objek perizinan. ”Jadi ya perizinan tetap dijalankan. Penyesuaian dilakukan, dan protokol kesehatan juga tetap dilakukan,” kata dia.

Ke depannya, DPMPTSP akan membuat inovasi yang mampu mempermudah pelayanan kesehatan tanpa adanya interaksi langsung dan memastikan tanpa mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi.(irm)

PENURUNAN. Kepala DPMPTSP Bambang Noertjahjo menjelaskan penurunan sektor perijinan di Tangsel saat Pandemi Covid-19 hingga 50 persen.


Baca Juga