Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Pohon Tumbang Timpa Kendaraan Roda Empat

by administrator - 03/06/2020 21:18:43
IMG

SERPONG-Pohon tumbang menimpa satu unit kendaraan roda empat. Akibatnya bagian atap rusak dan harus masuk ke bengkel.

Kepala Seksi Pemulihan dan Pemeliharaan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Anton Wibawa menjelaskan satu pohon ketapang menimpa dua unit kendaraan roda empat, hanya satu yang rusak serius bagian atasnya dan satu unit hanya terkena tangkai pohon. Selanjutnya unit dikabarkan oleh pemilik masuk asuransi.

"Keterangan dari tuan rumah yang mana  mobil itu milih tamunya, selanjutnya  kendaraan sudah ditangani asuransi. Kerusakannya parah pada bagian atas kendaraan karena memang batang pohon menimpa persis di atas mobil, " katanya.

Penyebab tumbang pohon besar yang ditengarai sudah cukup tua itu akibat terpaan angin kencang terjadi pukul 13.00 wib Rabu (3/6) berlokasi di sebrang Pasar Modern, persisnya Ruko Sektor 1 BSD. Kendati memang hujan tidak lebat namun angin mampu merobohkan pohon yang cukup kokoh jika dilihat dari batang pohonnya.

"Selain terkena angin keterangan dari warga sekitar akarnya kerap dibakar sehingga membuat rapuh. Jika akarnya rapuh sementara kondisi pohon sudah tinggi dan batangnya besar secara otomatis kekokohannya tidak berfungsi dengan baik, "  tambah.

Pihaknya memperoleh informasi dari warga sehingga langsung meluncur ke lokasi usai merapihkan pohon di bilangan Tegal Rotan. Setidaknya ada lima orang turun langsung melakukan pemotongan dengan pola di cacah supaya mobil tidak mengalami kerusakan makin parah.

"Penanganan langsung dievakuasi pakai alat mesin potong dengan pola dicacah supaya lebih mudah evaluasi. Jika tidak dicacah maka akan sulit mengangkat batang pohon besar, " jelasnya.

Supaya kejadian ini tak menimpa warga Tangsel di kemudian hari, diharapkan pemilik kendaraan hindari parkir di bawah pohon. Termasuk bagi pengelola lingkungan diharapkan kerjasamanya. Apabila tidak bisa melakukan bisa bersurat ke DLH agar dilakukan penanganan. Jangan sampai dibiarkan namun memiliki potensi berbahaya maka sangat riskan jatuh korban.

"Imbuan agar pengelola proaktif jika tidak memungkinkan tolong bersurat. Jika melihat menang rapuh bisa dikomunikasikan supaya cepat ditangani, " tambah ia.

Anton memberikan gambaran mengapa pohon mudah tumbang. Pertama pesatnya perkotaan mencoba dibarengi penghijauan dengan menanam pohon. Era sekarang sudah maju sehingga ingin ada pohon besar pun dengan mudah memindah lalu ditanam. Lambat laun pohon tumbuh. Tapi soal kekokohan jauh berbeda dengan pohon yang ditanam sejak masih biji akatnya dipastikan menghujam lebih dalam.

"Banyak faktor pohon yang roboh misalnya saat menanam akarnya kurang dalam sehingga otomatis kurang kuat  Mengapa bisa kurang kuat? Hal ini yang terjadi pada umumnya hanya memindahkan tanaman. Buka menanam sejak masih biji, " jelasnya.

Faktor lain, banyaknya kontruksi yang terkadang akar pohon disekelilingnya kerap terpotong dan lain sebagainya. Jika ini dibiarkan tanpa memperhatikan dampak di lain waktu maka lambat laun pohon bisa saja tumbang saat diterpa angin atau hujan lebat.

"Kondisi-kondisi seperti ini sangat mempengaruhi kondisi pohon. Kekokohan pohon. Jika sekiranya melihat bahwa pohon berpotensi roboh sebaiknya pengurus lingkungan bisa melakukan penanganan. Apabila tidak bisa mengupayakan maka sebaiknya bersurat ke DLH," imbuhnya. (din).


Baca Juga