Tangerang Selatan IMG Friday, 23-10-2020
IMG-LOGO

SEHAT DAN BAHAGIA DI HARI TUA, KITA YANG MENENTUKAN

by administrator - 29/05/2020 19:09:35
IMG

Menurut Undang – undang no. 13tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, secara Nasional, diperingati setiap tanggal 29 Mei, sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia (Lansia ). Menurut World Health Organisation (WHO) Badan Kesehatan Dunia, lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas. Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya.

Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2016, jumlah Lansia di Indonesia mencapai 22,4 juta jiwa atau 8,69% dari jumlah penduduk. Sementara menurut Proyeksi BPS tahun 2015, pada tahun 2018 jumlah Lansia diperkirakan menjadi 9,3% atau 24,7 juta jiwa. Pada tahun 2019 jumlah lansia Indonesia diproyeksikan akan meningkat menjadi 27,5 juta jiwa atau 10,3% dari jumlah penduduk. Peningkatan jumlah penduduk lansia di Indonesia, merupakan suatu kebanggaan, akan tetapi menjadi suatu tantangan bagi kita semua agar dapat mempersiapkan Lansia yang sehat dan madiri, sehingga tidak menjadi beban bagi keluarga, kelompok, masyarakat dan negara.

Mnejadi tua adalah hal yang normal yang terjadi dalam kehidupan seorang lansia, sehingga sejumlah penyakit degeneratif yakni penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi organ dan sel, membayangi kehidupan lansia seperti diabetes, stroke , penyakit jantung koroner, gagal ginjal dan penyakit – penyakit tersebut mempengaruhi kualitas hidup para lansia.

“Bagaimana Hidup Sehat dan Menyenangkan di Masa Tua?”

Hidup sehat seorang lansia dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan memperhatikan gaya hidup sehat dan nutrisi yang tepat, akan sangat membantu mencegah penyakit degeneratif.
Beberapa tips yang mungkin bisa kita lakukan pertama . Makan makanan dengan gizi seimbang, Perhatikan tips nutrisi sehat dengan 4 ”J “ ( Jumlah, jenis, jadwal, jurus masak.) Tips Empat “J” Pertama, Jumlah makanan untuk seorang lansia, kalau sebelum usia lansia makannya 1500 – 2000 kalori, maka saat ini kurangi porsi makan 25% dari kebiasaan makan sebelumnya, karena aktivitas sudah berkurang. Kedua, Jenis makanan. Ada dua Jenis makanan ada makronutrien ( karbohidrat, protein & lemak) sedangkan mikronutrien ( vitamin, mineral) yang berasal dari buah sayur, serta hindari makanan olahan atau makanan kaleng, makanan yg tinggi garam dan gula, perbanyak makan buah & sayur.J yang ketiga adalah Jadwal,.seorang lansia juga tetap dianjurkan untuk makan tiga kali dalam sehari, dengan catatan porsi makan dikurangi.. Keempat, Jurus masak atau cara memasak, makanan yang terbaik untuk lansia adalah, direbus, dikukus, kurangi makanan yang digoreng. atau gorengan.

Bagaimana seorang lansia mengupayakan bahagia ?

Hidup bahagia adalah tujuan dan hak setiap manusia. Hidup bahagia menurut Dale Carnegie. Adalah memiliki hidup yang tentram dan hidup untuk jangka waktu tertentu, menerima hal terburuk yang mungkin terjadi dan melakukan tindakan untuk memperbaikinya.. Manusia memiliki tiga dimensi kehidupan: masa lalu, masa depan dan masa sekarang atau masa kini. Masa lalu memang sudah terjadi, namun memberati kehidupan masa kini.Kita menjadi sakit hati, trauma dan kenangan buruk membuat kita tidak berani mencoba atau bangkit lagi.Masa depan tidak bisa diperkirakan, namun menimbulkan kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan, keraguan, ketidakpastian..Masa lalu dan masa depan, diluar kuasa kita. Masa sekarang atau masa kini adalah satu-satunya saat yang ada dalam kendali kita sepenuhnya. Jika kita mencoba hidup dalam ketiga masa itu, atau dalam dua masa itu maka kita tidak akan pernah bisa mencapai kebahagiaan. Kemampuan manusia hanyalah hidup pada satu saat saja, yaitu: masa kini.

Kita tidak perlu menghindari atau menolak keadaan yang saat ini ada, fisik kita melemah, berjalan kecepatannya melambat, kulit menjadi keriput, rambut menjadi putih, nafsu makan menurun, rentan terhadap penyakit, kemampuan berpikir menurun, merasa tidak berguna, itu adalah hal yang terjadi karena proses menua. Nikmati itu, karena kita tidak sendirian mengalami ini, proses normal yang terjadi dalam fase kehidupan lansia, tetapi kita masih punya kesempatan dan semangat untuk menikmati masa senja dengan sehat dan  penuh syukur.

Selain mengkonsumsi nutrisi sehat, lansia juga dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat.. Tips gaya hidup sehat :

*Pertama,Berpikir positif, dengan pemikiran yang positif, dapat memicu otak untuk tetap bekerja dengan baik, dengan demikian endorfin meningkat sehingga daya tahan tubuh kita menjadi lebih bagus serta  tubuh pun terasa lebih rileks. Setelah anak—anak bernajak dewasa, mereka akan sibuk dengan berbagai kegiatan dan mereka akhirnya satu persatu akan meninggalkan rumah dan membina rumah tangganya sendiri. Sebetulnya masa itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan hobi atau apa saja yang dulu tidak sempat kita lakukan pada masa muda.  Namun hal ini sering tidak bisa terlaksana, karena berbagai kendala. Kendala yang paling sering timbul biasanya disebabkan oleh kesalahan kita sendiri.. Kita kurang persiapan menghadapi kenyataan anak-anak akan sibuk dengan urusan pekerjaan dan keluarganya masing-masing. Kita “patah hati”merasa ditinggalkan lalu menjadi malas beraktivitas dengan alasan yang kurang akurat, malah kadang alasannya sama sekali tidak masuk akal.

*Kedua, Lakukan istirahat dan olahraga yang sehat, yang sesuai dengan kondisi lansia. Beberapa kasus terjadi, dimana lansia, terbangun pada malam hari untuk buang air kecil dalam keadaan cepat, terburu –buru turun dari tempat tidur, sehingga otak kekurangan darah, tekanan darah menurun, dan lansia tersebut kunang – kunang, mengalami ketidakseimbangan  sehingga terjatuh, yang mengakibatkan stoke atau patah tulang. Untuk mengurangi resiko jatuh pada Lansia, ada Tips 3 formula setengah menit : Ketika terjaga atau bangun tidur, jangan segera turun dari tempat tidur, rebahlah dulu kira-kira setengah menit, lalu duduk di tempat tidur selama setengah menit, kemudian baru turunkan kedua kaki di sisi tempat tidur selama setengah menit. Nah, dengan melewati 3 buah setengah menit, tanpa buang uang seperserpun, kekurangan darah pada otak akan terhindar, jantung bekerja dengan normal, menghilangkan kemungkinan jatuh dan patah tulang , serangan jantung dan stroke. Tiga formula setengah jam adalah: Setiap pagi bangun tidur, berolah raga selama setengah jam, baik jalan kaki, senam sehat untuk lansia.  Kemudian, tengah hari tidur siang setengah jam. Hal ini diperlukan oleh jam biologis manusia, dengan tidur siang hari setengah jam maka lansia akan penuh semangat, Yang ketiga adalah sore hari setelah makan malam, berjalan santai selama setengah jam, dengan demikian para lansia akan dapat tidur dengan nyenyak pada malm hari...

*Ketiga, Mengolah hati, relasi antara suami dan istri sangat menentukan kebahagiaan Lansia,  Faktor keuangan dan faktor kesehatan sangat berperan.untuk itu pasangan suami istri lansia, harus saling menolong, saling memperhatikan  satu sama lain, sehingga tidak merasa sepi atau sendirian. Termasuk menjaga keharmonisan hubungan dalam keluarga, anak-anak , mantu, cucu. Menjaga cucu sesuai dengan situasi dan kondisi lansia, bermain dengan cucu, mengantar cucu kesekolah, merasa masih berguna, memberikan kebahagiaan tersendiri, sehingga peningkatan hormon endorfin tersebut, sehingga daya tahan tubuh lansia akan lebih baik, sebagai ”obat panjang umur’.

*Keempat,Menjaga Kesehatanrohani dimana banyak waktu luang, karena lansia sudah  berhenti bekerja. Agar ada kegiatan sosial atau aktivitas yang berguna, Lansia bisa terlibat pada kegiatan – kegiatan rohani, membaca alquran, alkitab,aktif beribadah, memperbanyak berbuat kebaikan, terlibat dalam kegiatan lingkungan, dan menikmati hal-hal kecil dengan selalu bersyukur.

Dalam situasi pandemik Covid 19 saat ini,Lansia tergolong kelompok yang rentan tertular covid. Kita harus patuh terhadap segala upaya, anjuran pemerintah, diam dirumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, jika keluar rumah karena ada kebutuhan  khusus, pakai masker, tidur atau istirahat yang cukup 7 – 8 jam perhari, minum air yang cukup 6-8 gelas perhari, menjaga kondisi kesehatan emosi kita ,jangan cepat tersinggung, cemas, marah atau takut, karena hal ini akan menurunkan daya tahan tubuh kita.Dengan demikian, walaupun kita sudah lansia, masih tetap berguna, berperan melawan Covid 19 dengan semangat CORONA  ( Ceria, Olahraga,Resik, Olah hati & pikiran, Nutrisi, Amal kebaikan), dan semua ini dapat dilakukan dirumah.

Akhirnya, “menjadi tua itu pasti, namun menikmati masa tua, dengan sehat dan bahagia adalah pilihan” Syukuri apa yang ada, itulah BAHAGIA.

Lansia Indonesia .., Salam sehat & tetap semangat.


Baca Juga