Tangerang Selatan IMG Friday, 23-10-2020
IMG-LOGO

Ingin Didukung Partai Non Parlemen Harus Ada MoU

by administrator - 28/05/2020 20:52:51
IMG

CIPUTAT-Beberapa waktu lalu, tujuh partai non parlemen di Kota Tangsel telah melakukan deklarasi untuk mendukung Pilkada Kota Tangsel. Meski begitu, jika bacalon ingin mendapat dukungan harus melakukan nota kesepahaman atau Memorandum Pf Understanding (MoU).

Ke tujuh partai non parlemen tersebut yakni Partai Berkarya, PPP, Garuda, PKPI, dan PBB. Kemudian Perindo, dan NasDem

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Tangsel Eeng Sulaiman mengatakan, setelah deklarasi pada pertengah Maret lalu, sekarang ini partai non parlemen masih tetap berkomunikasi terkait hal yang sudah digagas. Yakni mendukung progres Pilkada Tangsel 2020.

“Setiap bulan sudah ada jadwal misalnya bulan sekarang ketemunya di PPP bulan besok di PBB atau di yang lain, kita sudaj jadwalkan untuk saling komunikasi. Tapi kerena sekarang sedang pandemi komunikasi by phone,”katanya di kawasan Ciputat kemarin.

Dia menuturkan, tujuan deklarasi itu adalah ingin menyampaikan bahwa meskipun partai non parlemen tidak mempunyai kursi di DPRD Tangsel tetapi sebagai pengurus partai masih ada. Pihaknya tetap masih mendukung para bacalon dengan massa yang dimiliki masing-masing partai non parlemen.

“Sampai hari ini kami belum ada yang deklarasi kepada salah satu calon atau memang bergabung dengan salah satu calon. Mudah-mudahan kalau bacalon persyaratan sudah lengkap ke KPUD baru pertimbangkan yang non parlemen ini,” tuturnya.

Dia menegaskan, meskipun partai non parlemem tidak bisa memberikan tiket kepada para bacalom untuk maju tetapi mereka tidak ingin ketinggalan dalam pesta demokrasi.

Dia menjaskan, dalam dukungannya itu tentunya semua partai non parlemem mempunyai juklak dan juknis yang harus dijalankan. Yakni dengan melakukan MoU hitam di atas putih dengan bacalon. “Karena kita juga harus jelas ketika kita mendukung dan mengusung si A, jobdesk kita juga harus jelas. Apakah kita cuma hanya pengikut sebagai masyarakat biasa atau memang kita barisan keberapa di salah satu bacalon itu. Sampai saat ini, belum ada bacalon yang melobi secara khusus. Tapi kita komunikasi semua dengan para bacalon,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, deklarasi tujuh partai non parlemen dilakukan di Lubana Sengkol, Kecamatan Setu, Kamis (12/3) lalu. Deklarasi tersebut diinisiasi oleh salah satu kader partai Berkarya, Subari Martadinata.

Subari mengungkapkan, berdasarkan Pemilihan Legislatif 2019 kemarin, saat ini gabungan ke 7 partai non parlemen mempunyai suara sebanyak 97.350.

“Memang kita ga punya kursi di DPRD, tapi kan kita punya suara berdasarkan Pileg kemarin itu yang terdata ada 97.350 suara. Ini suara di tingkat Kotanya saja, belum di Provinsi kan,” kata Subari.

Tujuan deklarasi tersebut adalah membuka ruang konsolidasi para bakal calon yang akan berkomunikasi dengan partai non parlemen. “Kita akan membangun kembali partai-partai yang selama ini sudah ada yang mungkin bisa dikatakan tidak mempunyai kursi di parlemen,” ucapnya.(irm)


Baca Juga