Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

Peran Media Cukup Membantu Informasi Penanganan Corona

by administrator - 06/04/2020 23:48:19
IMG

SERPONG - Kinerja wartawan disaat situasi darurat pandemi Covid-19, patut diberikan apresiasi. Rekan wartawan rela turun ke lapangan untuk memberikan berita informatif untuk disampaikan kepada masyarakat.

Meski resiko mereka rentan akan bahaya virus tersebut. Terlebih, banyaknya pesan berantai yang belum tentu akan kebenarannya membuat wartawan harus meluruskan hal tersebut.

Untuk itu, Polres Tangsel memberikan apresiasinya kepada Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangsel dengan menyerahkan 100 dus mie instan.

Penyerahan diberikan langsung oleh Kapolres Tangsel, AKBP Iman Setiawan yang di dampingi Waka Polres Tangsel, Kompol Stephanus Luckyto kepada Ketua Pokja Wartawan Harian Tangsel, Ahmad Rizky Suhaedi di Mapolres Tangsel, Sabtu (4/4/).

Kepada rekan wartawan, Kapolres Tangsel Iman Setiawan memberikan rasa hormatnya kepada wartawan yang telah membantu pemerintah dalam memberikan informasi edukatif disaat pandemi Covid-19.

"Ini bentuk respek kami Polres Tangsel kepada rekan pewarta, di mana telah membantu pemerintah dan membantu masyarakat memberikan informasi yang edukatif terkait dengan Covid-19. Sehingga masyarakat Tangsel bisa mencegah penyebaran covid 19," tukas Iman.

Berpesan kepada seluruh wartawan di Tangsel, untuk menjaga kesehatannya dan menjaga kondisi tubuhnya saat menjalankan tugas. Agar terhindar dari penyebaran virus Corona yang cukup membahayakan ini. Kehati-hatian sangat penting untuk selalu memperoleh keselamatan.

"Semoga rekan pewarta selalu sehat dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik," imbuhnya.

 Ketua Pokja Wartawan Harian Tangsel, Ahmad Rizky Suhaedi berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh jajaran Polres Tangsel kepada wartawan.

"Saya selalu ketua, berterima kasih kepada Polres Tangsel yang telah peduli terhadap profesi kami. Semoga sinergitas antara wartawan dan Polri terus terjaga," ungkap Rizky.

Nantinya, 100 dus mie instan ini akan dibagikan kepada anggota Pokja Wartawan Harian Tangsel.

Tak hanya Polres Tangsel LIPI  pun turut memberikan bantuan hand sanitizer untuk teman-teman wartawan. Hal ini melihat peran media dalam memberikan informasi tepat sasaran pun dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, bahkan seluruh dunia.

Sedikitnya memberikan 442 botol hand sanitizer atau pembersih tangan antiseptik berukuran 250 mililiter kepada PWHTS.

"Peran media sangat penting. Terlebih dengan mobilitas yang cukup tinggi, oleh sebab itu kita perhatikan dan kita berharap hand sanitizer ini agar dapat bermanfaat saat liputan," ujar Deputi lmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono.

Sedangkan Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Yeni Meliana mengungkapkan, pihaknya memproduksi hand sanitizer tanpa menghitung nilai ekonomi. Karena menurutnya hand sanitizer tersebut bukan untuk diperjualbelikan.

"Kami yakin dengan merebaknya Covid-19 menjadikan hand sanitizer barang yang langka dan mahal. Awalnya kami buat untuk internal dahulu, dengan komposisi bahan aman dan standar yang diperbolehkan, seperti etanol teknis, karbomer, propilen glikol, trietanolamir, minyak astiri dan nano silver," jelasnya.

Lanjut Yeni, komposisi hand sanitizer tersebut telah dilakukan penelitian sebelumnya. Bahkan, terdapat bahan pelembab kulit sebagai riset kosmetik, hingga sifat anti mikroba.

LIPI diketahui telah memproduksi 3 ton hand sanitizer sejak Minggu kedua Maret 2020, dan telah didistribusikan ke sekolah, kantor, lingkungan sekitar hingga 4000 botol ke BNPB. (din).


Baca Juga