Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Tangsel Jalankan Musrenbang 2021 Secara Online

by administrator - 05/04/2020 22:25:00

CIPUTAT-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjalankan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021 secara online.Pelaksanaan tersebut berlangsung Kamis-Jumat (3/4).

Hal ini dilakukan, lantaran adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan physical distancing (menjaga jarak) ditengah pandemi covid 19.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menjelaskan, pihaknya mengikuti aturan pemerintah pusat yang mengharuskan phisycal distancing. Katanya, melalui onlinepun masukan dan gagasan tetap bisa dilakukan.

“Memang Musrenbang RKPD Kota Tangsel, dilakukan secara online baru pertama kalinya. Namun kami berharap dengan cara ini bisa berjalan dengan maksimal, dan bisa menghasilkan gagasan yang dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat yang ada di Tangsel,”ungkapnya.

Airin mengatakan, adanya wabah covid-19 ini sudah barang tentu berpengaruh terhadap pencapaian program pembangunan tahun 2020. Sebab, adanya kebijakan pemerintah pusat terkait pengelolaan anggaran, namun tetap dalam perencanaan pembangunan sesuai dengan tema dan judul.

“Dengan adanya kebijakan pengelolaan anggaran, yang saat sebagian anggaran dialokasikan kepada penanggulangan covid-19, dan tentunya akan mengubah pada kegiatan yang sudah direncanakan,” tuturnya.

Pada masa physical distancing ini, tambahnya, harus melakukan penyesuaian, karena adanya protokol komunikasi dalam pencegahan Covid 19. Mekanisme dengan sistem online seluruh komisi membahas menggunakan metode video conference.

Jalannya musrenbang cukup interaktif dan berjalan lancar. Sejumlah masukan dari para peserta Musrenbang ditampung oleh Pemerintah Kota Tangsel.

Mulai dari Akademisi, pimpinan OPD, Para Anggota DPRD di Kota Tangsel.

Ia juga menerangkan bahwa Musrenbang yang dilakukan secara online tersebut membahas penyusunan APBD tahun anggaran 2021 dan program tahun 2020 yang sedang berjalan, relokasi dan refocusing APBD Kota Tangsel untuk tanggap darurat Covid-19 juga dibahas dalam kegiatan tersebut.(irm)


Baca Juga