Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Gugus Tugas Covid-19 dibentuk di RW 08 Kademangan

by administrator - 25/03/2020 21:35:35

SETU-Warga RW 08, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Tangsel  membuat Gugus Tugas Covid-19. Warga diimbau agar mematuhi aturan pemerintan dan memperhatikan phsycal distancing untuk menjaga tertular dan menularkan.

Ketua RW 08 Pesona Serpong Umi menyampaikan alasan membentuk Gugus Tugas Covid-19 karena memiliki fungsi yang sangat berguna bagi masyarakat di tengah merebaknya wabah corona semakin hari semakin meluas. Maka supaya warga di RW 08 terhindar perlu diberikan sosialisasi dengan tahapan.

                “Fungsinya mengumpulkan informasi, memfilter dan klarifikasi informasi mengenai Covid-19 terutama yang terjadi di sekitar lingkungan Pesona Serpong. Selain itu juga melakukan edukasi dan memperketat phsical distancing di area RW 08,” katanya.

                Nantinya akan membuat selebaran kepada warga guna mengetahui apakah pernah kontak langsung dengan orang yang sudah positif corona. Termasuk untuk mengetahui warga yang tengah berstatus sebagai orang dalam pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Membuat questioner dan monitoring kondisi kesehatan warga. Mendata warga, warga yang ODP, PDP atau positif. Termasuk yang pernah kontak dengan 3 kriteria tersebut. Kemudian meneruskan penangannya ke pihak terkait yakni Gugus Tugas tingkat atasnya, puskesmas atau RS rujukan,” tambah Umi.

Dalam kondisi seperti ini sangat dibutujakn sekali tingkat kepedulian antara sesama. Semua warga harus bahu-membahu, baik melakukan bersih-bersih di rumah masing-masing, termasuk juga menjaga diri melalui cuci tangan secara teratur.

“Mendorong warga untuk self declare dan memberikan bantuan supply jika ada yang harus isolasi mandiri di rumah. Mengambil langkah-langkah diperlukan cegah penyebaran Covid-19, seperti penyemprotan disinfektan berkala dan sosialisasi melalui pengeras suara,” jelasnya.

Teramasuk berkoordinasi dengan KSB dan DKM dalam menyukseskan terselenggaranya kegiatan-kegiatan keagamaan agar sesuai edaran MUI dan protokol kesehatan yang berlaku. Serta berkoordinasi dengan Babinsa, Babinkamtibmas atau tiga pilar dalam pelaksanaan aturan selama masa tanggap darurat bencana non alam Covid-19.

Sekretaris RW 08 Pesona Serpong Geri Purwanto mengimbau Imbauan, penyebaran Corona atau Covid-19 nyata ada dan saat ini jumlah yang terinfeksi mengalami peningkatan signifikan. Setiap kita bisa tertular dan menularkan. Oleh karenanya, sangat diperlukan bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati.

                “Saat ini warga yang keluar rumah wajib menggunakan masker. Setiap rumah dianjurkan meletakkan sabun cuci tangan di dekat keran luar. Serta setiap masuk rumah, langsung cuci tangan, baju direndam air sabun dan mandi, sebelum kontak dengan anggota keluarga atau menyentuh benda di rumah,” pesannya.

Juga diharapkan agar minimalisir tamu yang datang atau bisa membuat jarak, gofood/grabfood diupayakan cashless dan makanan diletakkan di depan pintu. Cuci tangan setelah membuka kemasan makanan.  Bagi yang muslim/muslimah dimohon untuk melanggengkan wudhu dan anak-anak agar tidak keluyuran dan diharap para orang tua mengawasinya, sehingga tetap di rumah dan mengerjakan tugas-tugas dari pihak sekolah dan guru ngajinya.

                “Bukannya takut mati, karena kematian sudah ditakdirkan. Paling tidak kita bisa menyempurnakan ikhtiar yang disyariatkan dan bertakwal kepadaNya. Penting setiap kita memperhatikan phsycal distancing. Dengan tidak keluar rumah dan tidak menjadi mesin pembunuh bagi orang lain. Juga, mengurangi beban tenaga medis dan kita ikut bagian menyelamatkan kemanusiaan. Semoga amal ibadah kita diterima Nya,” pesann Geri. (din)


Baca Juga