Tangerang Selatan IMG Sunday, 25-10-2020
IMG-LOGO

Syaifuddin Ingin Tangsel Miliki Indeks Pembangunan Pemuda

by administrator - 23/03/2020 21:31:13
IMG

SETU-Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangsel terpilih Syaifuddin periode 2020-2023 ingin ada Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kota Tangsel. Pasalnya sangat penting untuk mengukur kemajuan pemuda.             

Syaifuddin yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Setu memiliki target ke depan di mana dirinya dipercaya menahkodai DPD KNPI Tangsel yang ada di dalamnya terdapat begitu banyak Organisasi Kepemudaaan (OKP) dari berbagai latarbelakang baik OKP lokal dan nasional termasuk kemahasiswaan.

“Ke depan KNPI Kota Tangsel akan mengusulkan kepada pemerintah Kota Tangsel untuk menyusun Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) KotaTangsel. lndeks Pembangunan Pemuda adalah instrumen untuk memberikan gambaran kemajuan pembangunan pemuda di Kota Tangsel,” kata lulusan terbaik pertama program Profesi Kepamongprajaan IPDN predikat cumlaude IPK 3,99 pada 2019.

Lanjut alumnus S2 FISIP Universitas Indonesia ini bahwa betapa pentingnya IPP untuk segera disusun. Mengapa ini sangat penting karena untuk mengukur kemampuan pemuda dalam mencapai target keberhasilan pembangunan harus ada keselarasan. Pembangunan sekala daerah terlebih nasional tidak terlepas dari perkembangan pemuda. Karena pemuda yang akan menikmati serta melanjutkan program pembangunan ke depan.

“Kehadiran lPP ini dapat menjadi rujukan bagi penyusunan kebijakan dan strategi pembangunan pemuda di Kota Tangsel, sekaligus menjadi acuan dalam rangka koordinasi lintas sektor penyelenggaraan kepemudaan,” tambah ASN yang pernah menerima penghargaan Wicaksana Among Praja dari Mendagri RI tahun 2013.

Setelah mengetahui kemampuan pemuda Kota Tangsel, maka pemkot lebih percaya diri mengandeng para pemuda untuk lebih mendalam keterlibatan proses pambangunan ke depan. Makna pembangunan jangan disimpulkan lebih sempit hanya fisik tapi pembangunan dengan skala lebih luas, baik kesehatan, pendidikan, kreatifitas, dan kewirausahaan.   

“Saya menegaskan komitmen KNPI Kota Tangsel untuk menjadi bagian penting dari agenda pembangunan Kota Tangsel.Selain menjadi garda terdepan, KNPI akan menjadi  partner strategis dalam mendorong efektifitas agenda dan program pemerintah Kota Tangsel,” tambah.

Program lain yang akan diprioritaskan adalah soal kemandirian pemuda. Pemuda harus mandiri, memiliki karya sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi angka kemiskinan sebagai mitra pemerintah. Semangat pemuda harus diaplikasikan dengan mengejar berbagai ilmu yang dapat diaplikasikan kepada masyarakat jangan sampai semangat itu terlewatkan begitu saja.

“Di samping itu saya juga akan membuat program-program yang diarahkan pada kemandirian pemuda, agar pemuda Tangsel bisa mandiri dan berdaya saing. Saya juga berharap di tahun 2020, Kota Tangerang Selatan kembali mendapatkan predikat Kota Layak Pemuda dari Kemenpora,” tutupnya. (din).


Baca Juga