Tangerang Selatan IMG Saturday, 31-10-2020
IMG-LOGO

Kawasan Balaikota Terlihat Lengang

by administrator - 18/03/2020 22:49:23
IMG

CIPUTAT-Rabu (18/3) kawasan  Balaikota Tangsel, Maruga, Ciputat terlihat tidak seperti biasa yang begitu padat para pegawai pada hari dan jam kerja. Kali ini terlihat lebih lengang karena sudah diberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah menggunakan sistim online bagi ASN di mana langkah ini diambil Pemkot Tangsel guna mencegah virus corona.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel, Apendi mengutarakan, meski kebijakan itu diambi, namun  pelayanan tetap berjalan dan menjadi prioritas. Sehingga sekalipun dari rumah masing-masing namun untuk pelayanan di kantor tetap buka karena dibagi secara bergantian yang masuk kantor.

"Intinya pelayanan masyarakat tetap berjalan di masing-masing OPD. Sedangkan untuk absensi dan pemantauan kinerja ASN sudah ada teknologi informasi (IT) dengan sistim online yang bisa untuk absensi pegawai dan juga input pekerjaan yang sudah dilakukan," jelas mantan Camat Pondok Aren.

Tambah ia, pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor oleh para pegawai berganti dikerjakan di rumah. Supaya maksimal, menggunakan sistim yang sudah dirancang sehingga tidak mengubah hasil dari pada pekerjaan yang telah dilakukan. Tentunya bertujuan sebuah hasil, bukan persoalan apakah di kantor atau di manapun mengingat kondisi yang tidak memungkinkan saat ini di mana Banten sudah ditetapkan menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Terkait administrasi dan surat menyurat juga sudah dipermudah dengan Sistim Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker) dan Aplikasi Penilaian Kinerja (Apik) memudahkan pemantauan ASN yang bekerja di rumah," tambah Apendi.

Selama hampir dua minggu ini menerapkan WFH, maka akan piket bergantian tiap pegawai sehingga akan bergantian yang berada di rumah dan juga di kantor. "Semisal hari ini saya ada di kantor dan ditemani kabid dan juga staff. Besok akan ada lagi yang bergantian untuk stand by di kantor," bebernya.

Berlakunya WFH ini sesuai dengan edaran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN- RB) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah. (din)


Baca Juga