Tangerang Selatan IMG Tuesday, 20-10-2020
IMG-LOGO

Bapenda Akan Lakukan Penambahan Regulasi

by administrator - 18/03/2020 22:49:18
IMG

SERPONG-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel sudah menetapkan program kegiatan yang akan dilakukan pada 2021 mendatang. Adapun program yang ditetapkan adalah Perencanaan, Pengembangan, Pengendalian, dan Evaluasi Pendapatan Daerah.

Plt Sekretaris Bapenda, Indri Sari Yuniandri menjelaskan,  jika program kegiatan ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Kemendagri 90 tahun 2019. Dimana sudah ditetapkan bahwa program kegiatannya adalah berfokus pada satu kegiatan saja.

Sementara, kata Indri, ada beberapa sub kegiatan yang sudah ditentukan. “Ada 11 sub kegiatan,” kata Indri saat dikonfirmasi.

Adapun kegiatan yang ditetapkan berfokus pada perumusan kebijakan pendapatan daerah. Kemudian kebijakan operasional. Untuk mengcover seluruh sub kegiatan, Bapenda memiliki pagu indikatif kurang lebih sebesar Rp 36 miliar.

Sementara, untuk fokus dari kegiatan yang akan ditetapkan pada program di tahun 2021 masih berfokus pada regulasi untuk peningkatan pendapatan daerah. “Seperti perubahan, perbaikan sampai dengan penambahan regulasi,” ujar Indri.

Adapun yang menjadi sorotan perubahan regulasi salah satunya adalah penagihan piutang. “Terus, masalah kebijakan pendapatan dan penanganan,” tambah Indri.

Selanjutnya ada intensifikasi pajak daerah, kemudian operasional prosedur dalam penarikan pajak daerah di Kota Tangsel. Sehingga mampu memaksimalkan program yang ditentukan.

Dalam rangka perbaikan regulasi dibutuhkan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya. Yang menjadi sorotan saat ini, adalah dampak dari wabah covid-19. Hal ini juga perlu dikaji. Sehingg nanti regulasi yang dibuat tidak merugikan siapapun.

Wabah yang sudah berstatus KLB di Banten ini juga dipastikan akan memengaruhi target yang ditentukan pada 2021. Sehingga, Bapenda masih memastikan apa saja yang terpengaruh melalui wabah ini.

“Covid-19 di tahun ini juga membuat Bapenda, terus dilihat bagaimana pergerakan di wilayah Tangsel,” ujar Indri sambil menambahkan bahwa penentuan status dampak dari virus ini, selama dua bulan terakhir.

“Dampaknya pasti ada, misalnta restiran yang memiliki pengurangan pengujung yang signifikan. Itu kan berpengaruh,” kata dia, yang juga menambahkan bahwa hotel, parkir dan tempat hiburan juga akan berdampak.

Dari pemantauan itu, Bapenda baru bisa memutuskan apa saja yang harus dilakukan dalam rangka memaksimalkan pendapatab daerah. Dalam situasi dan kondisi seperti saat ini.(irm)

FORUM.

Bapenda Kota Tangsel menggelar Forum OPD yang diselenggarakan di Pondok Kemangi, Kemarin.


Baca Juga