Tangerang Selatan IMG Saturday, 31-10-2020
IMG-LOGO

Asda 3 Pastikan Timetable Jadi Acuan Optimalisasi OPD

by administrator - 18/03/2020 22:49:14
IMG

CIPUTAT-Rumpun Asda 3 membawahi delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memastikan terus mengoptimalkan tugas-tugas dalam mencapai target RPJMD 2016 hingga Desember 2021. Caranya dengan mengecek timetable secara berkala. 

Asda 3 Kota Tangsel Teddy Meiyadi menyampaikan, delapan OPD salah satunya Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial, hingga Kabag Kesra dan lain-lain, didorong dalam melaksanakan tugas harus maksimal. Rapat-rapat terus digelar secara berkala dengan mengecek jadwal kegiatan.

“Kami selalu melakukan rapat bersama dengan melihat timetable supaya tahapanya jelas dan teratur sehingga dalam menjalankan tugas terukur,” jelasnya.

Sambung ia, capaian target RPJMD hingga Desember 2021 dipastikan sesuai terget program lima tahunan. Di awal tahun 2020 memang, pencapaiannya bervariasi, ada yang sudah 90 persen ada yang lebih. Tidak mudah memang, karena banyak tantangan dalam mengimplementasikan.

“Misalnya seperti sekarang adanya virus corona, yang mana itu tidak masuk atau tidak tahu bakal ada bencana seperti itu. Maka bagaimanapun harus ditangani dengan mengeluarkan anggaran. Baru nanti diperubahan dioptimalkan lagi program-program yang mungkin belum optimal karena difokuskan pada penanganan corona,” tambah ia.

Soal pencapaian target RPJMD tahun depan dipastikan terkejar. Yang menjadi persoalan adalah, bukan hanya saja memenuhi target tapi bagaimana bisa menyusun untuk RPJMD lima tahun mendatang. Konsepnya harus dirumuskan dari sekarang. Karena bagaimana mungkin bisa menyusun RPJMD ke depan jika tahun ini saja belum ada gambaran.

"Jadi bukan hanya itu yang dipikirkan target tahun depan selesai, tapi masih ada jangka pendek dan panjang ke depan. Apa yang dirumuskan supaya roda pemerintahan terus berjalan optimal. Itu jauh lebih penting selain memang program-program tercapai di tahun 2021,” bebernya.

Pejabat yang humoris ini, berpandangan, Tangsel ke RPJMD ke depan paling pas fokusnya adalah kolaborasi. Pembangunan menuturnya sudah final, karena seluruh jalan dan pembangunan fisik rampung. Tinggal perawatan dan penanganan yang ringan-ringan saja.

“Visi RPJMD Ibu Walikota Airin adalah terwujudnya Tangsel kota cerdas, berkualitas dan berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi. Maka, hal yang harus maksimalkan adalah kolaborasi. Untuk apa warganya cerdas tapi hidupnya masing-masing tidak berkolaborasi,” jelasnya.

Konsep pembangunan pentahelix  harus diterapkan di mana di dalamnya ada pemerintah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat dan terakhir adalah media. Sebut ia media saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Karena media menjadi mitra pemerintah, akademisi dan masyarakat. Sumber-sumber yang ada di pemerintah disokong oleh media dengan pendistribusian secara masif.

“Oleh karena itu media terlibat dalam pembangunan konsep  pentahelix  karena perannya sangat penting sekali,” tutup pejabat yang satu setengah tahun ke depan akan memasuki purna tugas ini. (din)


Baca Juga