Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Muhamad-Saraswati Upacara di Monumen Lengkong

by Ari Suhendra - 18/08/2020 20:00:11
IMG

SERPONG-Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel, Muhamad-Saraswati memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 di Monumen Lengkong, Serpong. Mereka menggelar upacara bersama kader partai PDIP dan Gerindra.

 Muhamad memimpin kegiatan upacara tersebut dan menjelaskan, bahwa Saraswati yang kini sebagai Bakal Calon Wakil Walikota untuk mendampinginya maju di Pilkada Tangsel merupakan keturunan pahlawan dan pejuang. “Bagi Ibu Sara, Tangsel bukan lah lagi kota yang asing. Karena keluarga besarnya gugur di Tanah Tangsel saat berperang melawan penjajah. Saraswati mau di Pilkada Tangsel, karena terpanggil oleh sejarah,” ujarnya.

 Monumen Lengkong di Serpong, merupakan monumen bersejarah. Pada 25 Januari 1946 silam, sebanyak 33 taruna dari Resimen TRI Tangerang dan 3 perwira gugur saat berhadapan pasukan Dai-Nippon yang belakangan dikenal dengan Peristiwa Pertempuran Lengkong.

 Pasukan dari Resimen TRI di Tangerang itu  dipimpin Mayor Daan Mogot bersama perwira lainnya yaitu Letnan Satu Subianto Djojohadikusumo. Di antara taruna yang gugur ialah adik Letnan Subianto bernama Sujono Djojohadikusumo. Diketahui, Letnan Subianto dan Sujono merupakan saudara kandung kakek dari Sarawaswati Rahayu Djojohadikusumo, Bakal Calon Wakil Walikota Tangsel dari Partai Gerindra.(dra)


Baca Juga