Tangerang Selatan IMG Saturday, 26-09-2020
IMG-LOGO

Alhamdulillah, Puluhan Ribu UMKM Dapat Bantuan

by Ari Suhendra - 23/08/2020 20:13:38
IMG

TANGERANG - Puluhan ribu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang bakal mendapatkan bantuan. Sokongan ini diberikan sebagai langkah pemulihan ekonomi saat pandemi virus corona atau covid-19.

 Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra mengatakan, jumlah penerimanya belum dapat ditentukan. Lantaran, sekarang pihaknya tengah melakukan pendataan. “Masih pendataan. Belum kita finalkan angkanya karena masih bergerak,” ujarnya.

 Ia menjelaskan, bila untuk anggarannya sendiri berasal dari tiga sumber. Yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Pihaknya berencana memverifikasi sebanyak-banyaknya pelaku UMKM. “Sebanyak-banyaknya data UMKM yang sedang kita kumpulkan. Soalnya kami akan serap dana dari tiga plot. Yaitu pusat, provinsi dan kota. Data yang kita himpun nanti kita atur alokasinya ketiga sumber dana tersebut,” jelasnya.

 Sedangkan, Kepala Bidang UKM Dinas Perindagkop dan UKM Kota Tangerang, Katrina Iswandari membidik, sebanyak 20 ribu pelaku UMKM di Kota Tangerang mendapat stimulan. Hanya saja, dari data yang sudah berjalan, jumlahnya sudah melebihi target. “Belum ada data pasti. Target 20 ribu. Tapi sekarang sudah lebih,” jelasnya.

 Meski demikian, data yang dihimpun oleh Dinas Perindagkop dan UKM masih akan melalui tahap verifikasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat. “Yang dapat siapa saja juga sebenarnya kita belum tahu. Karena data yang kita kirim juga nanti ya diverifikasi oleh kementerian,” tegasnya.

 Diketahui, Pemerintah pusat memiliki program Bantuan Sosial (Bansos) produktif bagi usaha mikro dan ultra mikro dalam bentuk dana hibah modal kerja sebesar Rp 2,4 juta per pelaku UMKM. Rinciannya, penerima bansos produktif UMKM akan menerima Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.(ifn/mde/cmb/bnn)


Baca Juga