Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Airin: Tak Pakai Masker Denda Rp 50 Ribu

by Ari Suhendra - 24/08/2020 21:25:33
IMG

CIPUTAT-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meminta Satpol PP menegakan aturan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB. Siapa saja yang tak mengenakan masker didenda Rp 50 ribu.

 Airin saat jumpa pers di Balaikota, kemarin, hingga PSBB perpanjangan ke-9 tingkat kepatuhan belum mencapai 90 persen, baru di angka 80 persen. “Perwal sudah ada denda tidak pakai masker 50 ribu rupiah. Jika Perwal tidak ada sudah ada karantina wilayah. Memang dalam menerapkan kebijakan ini dibutuhkan komunikasi dengan semua pemangku kebijakan,” pintanya.

 Disampaikan PSBB terus diperpanjang selama Covid 19, terkecuali sudah ada vaksin. Oleh sebab itu, kepatuhan warga sangat menjadi penentu jangan sampai di Tangsel kembali melonjak pada saat tahap-tahap awal di mana angka tertinggi pada Maret-April sebanyak 150 pasien positif Corona. “Jangan sampai kejadian seperti bulan Maret April, pasien banyak, kamar tidak ada. Makanya rumah lawan Covid kami biarkan terus ada supaya dapat menangani ,” tegas Airin.

 Secara garis besar, Perwal PSBB ke-9 tidak ada perubahan masih sama dengan tahap ke- 8.  Termasuk juga semua bidang usaha dibolehkan beroperasi selama mereka mematuhi aturan protokoler. Terkecuali tempat hiburan yang masih belum boleh. Harapannya jangan sampai menjadi tempat penyebaran Covid yang mana ada bersentuhan jika di tempa hiburan. Jaga jarak diterapkan di tempat hiburan tentunya cukup sulit.

 Karena Covid terus menjalar, Pemkot kembali menghidupkan Gugus Tugas Covid hingga tingkat RT/RW. Termasuk bakal melakukan serangkaian agenda penting supaya masyarakat benar-benar patuh pada kebijakan yang sudah dibuat.  “Covid ini masih ada makanya harus disiplin. Akan menggalakan pembagian masker. Kami juga akan menggalakan gugus tugas di RT RW,” terangnya.

 Kepala Satpol PP Kota Tangsel, Mursinah menyampaikan soal kebijakan denda Rp 50 ribu belum diterapkan. Adapun sanksi-sanksi yang melanggar PSBB sudah dilakukan dengan banyak hal seperti tidak menggunakan masker dengan rompi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berbagai sanksi di lapangan. “Tindakan sanksi sosial dan banyak sanksi lainnya. Untuk sanksi denda 50 ribu belum diterapkan. Di hulu memang sangat luar biasa persoalannya dan di hilir di rumah sakit juga kami memberikan pemantauan,”  tutup Mursinah.(din)


Baca Juga