Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Ketua RT/RW Perlu Ketahui Tupoksi

by Ari Suhendra - 26/08/2020 20:15:08
IMG

PAMULANG-Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kota Tangsel harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya alias tupoksinya. Sejatinya, RT dan RW menjadi ujung tombak pelayanan kepada masyarakat.

 Demikian diungkapkan Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie saat acara Peningkatan Pelayanan dan Pembinaan Masyarakat dalam Peningkatan Kapasitas RT dan RW di Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Rabu (26/8).

 Benyamin menyampaikan, agar fungsi RT/RW sebagai perpanjangan tangan pemerintah dapat melakukan tugas dengan baik. Mulai dari pelayanan hingga pembangunan di wilayah. Tanpa dukungan RT dan RW pembangunan tidak dapat berjalan secara merata."Tentunya RT RW diharapkan dapat menjalankan tupoksinya sebagai pelayan masyarakat terdepan. Baik di bidang pemerintahan seperti pelayanan administrasi," pesannya.

 Selain itu pelayanan lain dalam mewujudkan lingkungan tertata secara baik yaitu pembangunan. Dukungan masyarakat ujung tombaknya ada di RT dan RW. RT dan RW yang dapat mengkomunikasikan dan memusyawarahkan di lingkungan tentang program pembangunan di wilayah. "Serta pelayanan  pembangunan , dan daya saing  dan dapat bersinergi dengan aparat terkait juga pemberdayaan masyarakatnya," jelasnya.

 Kabag Pemerintahan Kota Tangsel, Widodo Hari Lusinto menambahkan, bahwa tugas pokok dan fungsi RT dan RW perlu disampaikan kepada masyarakat. Supaya dalam menjalankan tugas dapat berlangsung baik dan benar. “Karena peran RT/RW tidak mudah bahkan terbilang berat karena harus bersinggungan langsung dengan masyarakat yang memiliki beragam karakter,” paparnya.

 Dia menambahkan, tujuan diadakan kegiatan ini agar semua RT RW memahami dan mengetahui tupoksinya sebagai RT dan RW.  “Tugas RT dan RW tidak ringan bahkan membutuhkan suatu kesadaran bahwa tugas RT adalah tugas sosial harus penuh dengan keikhlasan, apalagi dalam menangani permasalahan warga yang sangat kompleks," ujarnya.

 Dengan berfungsinya RT/RW, maka seluruh program dan kebijakan dapat terinformasikan dengan cepat dan merata. Mulai dari rencana program, pelaksanaan program dan hasil program pembangunan pemerintah wajib disosialisasikan. Baik skala jangka pendek, menengah, dan panjang. "RT/RW adalah ujung tombak pemerintahan walaupun jabatannya adalah sebagai lembaga rakyat tetapi pada pelaksanaannya adalah sebagai jembatan kebijakan pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

 Lurah Pamulang Barat, Supriyadi mengatakan, tak kalah pentingnya seorang pengurus wilayah baik RT/RW harus memiliki kemampuan membaca wilayah. Potensinya seperti apa, jumlah penduduknya berapa, dan sebagainya. Ini untuk memudahkan menjalankan tugas-tugasnya.(din)


Baca Juga