Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Khotib di Serpong Dibekali Pelatihan

by Ari Suhendra - 26/08/2020 21:28:41
IMG

SERPONG-Para khotib se-Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari MUI pada Rabu (26/8). Dari pelatihan ini diharapkan para khotib mampu menjadikan khutbah Jumat sebagai sarana komunikasi untuk menyiarkan ajaran Islam.

 Hadir pada acara yang dilangsungkan di aula Kantor Kelurahan Buaran itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak, Lurah Buaran Edi, Ketua MUI Buaran Cecep serta  para peserta yang terdiri dar 50 khotib dan DKM se-Buaran.

 Abdul Rojak yang hadir selaku narasumber menjelaskan, bahwa khutbah Jumat merupakan salah satu syarat ibadah salat Jumat. Tiada salat Jumat tanpa khutbah. Dari sudut pandang ilmu komunikasi, khutbah Jumat merupakan suatu kegiatan komunikasi yang memiliki potensi yang sangat besar untuk digunakan sebagai saluran untuk menyampaikan ajaran Islam yang perlu diketahui dan dipahami oleh jamaah.

 “Namun dalam kenyataannya, khutbah Jumat belum menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi umat Islam karena berbagai faktor yang terkait dengan penyelenggaraannya. Baik menyangkut khotibnya, materi khutbahnya, juga kualitas sumber daya pengurus yang mengelolanya,” terangnya.

 Selain syarat dan rukun khutbah, Rojak juga menjelaskan, bahwa menjadi seorang khotib adalah sosok yang menjadi panutan. Oleh karena itu ia harus memberikan peringatan atau nasihat dan wasiat kebenaran. “Segala yang diperbuat khotib, baik disadari maupun tidak, mulai dari perkataan, perbuatan atau tingkah lakunya serta cara berpakaiannya akan dilihat oleh jamaahnya. Maka seorang khotib wajib memiliki adab yang baik, di antaranya berpakaian yang rapi dan sopan, berkepribadian luhur, bertutur kata santun dan jujur,” ujarnya.

 Ketua MUI Kelurahan Buaran, Cecep berharap dari pelatihan ini memperteguh para khotib dalam menyampaikan syiar Islam. Yang mana setiap Jumat dalam satu pekan dilaksanakan salat Jumat. Tentu harapannya materi yang disampaikan para khotib dapat diamalkan oleh para jamaah.(din)


Baca Juga