Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Murid SD Muhammadiyah 12 Pamulang Raih Bronze Medal Matematika Internasional

by Ari - 27/08/2020 20:53:24
IMG

PAMULANG-Murid kelas 6 SD Muhammadiyah 12 Pamulang, Dipta Danurja Diwangkasa mampu berprestasi di tingkat dunia. Dia meraih penghargaan di kompetisi matematika internasional IKMC (International Kangaroo Mathematics Contest) yang diikuti peserta dari 75 negara di dunia.

 Dipta mengikuti lomba IKMC melalui daring pada 21 Juni 2020 dan meraih Bronze Medal di ajang kompetisi tersebut. IKCM merupakan kompetisi matematika internasional yang telah dilaksanakan sejak 1991 oleh Association Kangourou Sans Frontières. Pada tahun ini, Klinik Pendidikan MIPA menjadi penyelenggara tunggal IKMC di Indonesia.

 Dipta terus meningkatkan kemampuannya di bidang matematika. Bahkan di tengah Covid-19, murid kelahiran Jakarta ini terus belajar dan mengikuti kelas online matematika.Sebelum mengikuti IKMC, Dipta telah mempersiapkan diri dengan matang. “Saya ikut latihan soal dan try out yang diadakan oleh Klinik Pendidikan MIPA,”ungkap Dipta.

 Dipta mengatakan, meski pandemi tidak menyurutkan dia untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam bidang matematika. “Saya suka matematika, dan saat Covid ini, saya pun terus belajar melalui online,” jelasnya.

 Keberhasilannya tidak luput dari bimbingan pembina khusus melalui program KMS (Klub MIPA Seikhlasnya) bekerjasama dengan KPM (Klinik Pendidikan MIPA) dibawah pembinaan Eulis Maulinahaq yang dilaksanakan  seminggu sekali di sekolah. “Pembelajaran di KMS mengarah pada soal Olimpiade. Dan dalam proses pembinaan di KMS Dipta merupakan salah satu siswa yang selalu antusias dan cepat dalam mencari penyelesaian soal. Selain punya bakat dan minat lebih pada Matematika, Dipta juga rajin, ulet, dan tekun dalam belajar. Senang bereksplorasi dalam mengerjakan soal, serta lebih teliti dan tenang. Sehingga lebih maksimal dalam belajar dan menyelesaikan soal,” kata Eulis Maulinahaq, Pembina KPM.

 Kepala SD Muhammadiyah 12 Pamulang, Iswandi menjelaskan, sekolah bekerjasama dengan KMS dan KPM untuk meningkatkan prestasi siswa. “Saya Mengucapkan Selamat Kepada Dipta atas prestasinya mendapatkan penghargaan Bronze Medal dari ajang bergengsi kompetisi matematika internasional IKMC (International Kangaroo Mathematics Contest). Keberhasilan ini merupakan kerja kerasnya dan sekolah sangat mendukung hal ini,”singkatnya.(lim)


Baca Juga