Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Pemilu Online ala SMP Islam Al-Azhar BSD

by Editor - 30/08/2020 20:53:48
IMG

SERPONG-Pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS) masa jabatan 2020-2021 SMP Islam Al-Azhar BSD digelar secara daring . M    eski online, namun tak kalah menariknya.

 Pembina OSIS SMP Islam Al-Azhar BSD, Rahmat Rizky Basuki menerangkan, dalam situasi pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat penyelenggaraan pemilihan OSIS ini. Adanya larangan untuk berkerumun saat pandemi Covid-19 seperti ini, jajaran SMP Islam Al-Azhar BSD akhirnya tetap melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan cara online yakni melalui e-Vote.

 “Tentunya, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan e-Vote sangatlah luar biasa dilalukan oleh sekolah maupun siswanya. Setidaknya ada 450 siswa yang menggunakan hak pilihnya untuk memilih pasangan calon (Paslon) dari total 540 siswa pengurus OSIS,” jelasnya,

 Proses pemilihan dimulai dari penyebaran formulir bagi siswa yang ingin berpartisipasi sebagai pengurus serta ketua OSIS maupun wakil ketua OSIS. "Kita menyebarkan formulir melalui google form ke para siswa SMP Islam Al Azhar BSD yang pemilihnya kelas 7 dan 8. Di dalam formulir juga terdapat beberapa pilihan yakni, menjadi pengurus, pengurus harian dan ketua," ujar Rizky, di SMP Islam Al-Azhar BSD, Jumat (28/8).

 Selanjutnya dari isi form ini disaring oleh tim guru. Siapa yang ingin menjadi ketua OSIS, dipilah, dan akan ketahuan. “Dari OSIS yang terpilih menjadi pengurus ada sendiri, ketua sendiri yang telah terpilih dan ada tim dari panitia yang akan menyeleksi untuk ke pemilihan paslon ketua dan wakil Ketua OSIS-nya," tambahnya.

 Dari hasil penyerahan formulir tersebut, Rizky tak menyangka antusias siswa dalam mengajukan diri sebagai ketua OSIS dan wakil Ketua OSIS sangat luar biasa. "Ada tiga calon yang telah ditetapkan, namun Alhamdulillah di masa pandemi ini ada sebanyak 20 anak untuk menjadi ketua dan wakil. Lebih banyak peminatnya dibanding tahun-tahun yang lalu. Dari 20 kita saring menjadi 12 anak dengan beberapa tahapan hingga dipasangkan menjadi 3 pasang," ungkap Rizky.

 Kepala SMP Islam Al-Azhar BSD, Drs.H. Dedi  Hidayat mengapresiasi para siswanya untuk belajar berdemokrasi dalam pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS melalui e-Vote. "Tentunya ini sangatlah bagus untuk mereka belajar berdemokrasi sejak usia dini. Karena ini merupakan program sekolah tiap tahun dilakukan secara langsung, namun pelibatan demokrasi hampir sama dengan Pilpres ini jadi pembelajaran anak-anak di usia dini, mulai dari prosesnya seperti apa, mulai dari rekrutmen, memaparkan visi misi. Proses seperti ini jadi pembelajaran di luar kelas untuk mereka," papar Dedi.

 Dedi juga berterima kasih kepada seluruh jajaran di SMP Islam Al-Azhar BSD yang sudah mendukung kegiatan e-Vote dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. "Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel atas dukungannya dalam pemilihan OSIS ini. Saya juga berterima kasih kepada Bapak Bambang Dwitoro, SE Perwakilan dari KPU Tangsel  yang ikut memantau quick qount, dan BKOM SMP Islam Al-Azhar BSD serta Yayasan Muslim Al Azhar BSD," katanya.

 Sementara, Wakil Kepala Kesiswaan SMP Islam Al-Azhar BSD, Bambang Kuntoro,M.Pd menerangkan, proses e-Vote pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sama sekali tidak mengganggu kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). "Beberapa hari ini menyiapkan kemudian menggunakan aplikasi e-Vote. Dari situ anak-anak ada di rumah masing-masing dan masuk ke Zoom, panitia mengarahkan untuk registrasi dahulu melalui google form. Pemilihan ini juga disela waktu belajar para siswa, jadi mereka meminta izin untuk meluangkan waktunya selama 5 menit untuk memilih dan melanjutkan proses pembelajaran," tutup Bambang.(lim)


Baca Juga