Tangerang Selatan IMG Tuesday, 29-09-2020
IMG-LOGO

Rendah, Tingkat Kehadiran Dewan Pandeglang di Rapat Paripurna

by Editor - 31/08/2020 19:04:22
IMG

PANDEGLANG-Tingkat kehadiran anggota DPRD Kabupaten Pandeglang selama Agustus 2020 tergolong rendah. Dari total 49 anggota dewan, dalam enam rapat paripurna terakhir jumlah kehadiran tidak pernah lebih dari 30 anggota atau rata-rata 57,2 persen.

 Selain rendahnya tingkat kehadiran, rapat paripurna juga kerap molor karena anggota dewan tidak tiba sesuai jadwal. Bahkan, tidak jarang rapat paripurna molor hingga 1,5 jam dari jadwal yang sudah ditentukan.

 Berdasarkan data yang diolah Tangsel Pos.co.id, Fraksi Golkar paling rajin dengan tingkat kehadiran mencapai 88,8 persen. Kemudian posisi kedua ada Fraksi PKS dengan 77,7 persen, Fraksi PAN-PBB 62,5 persen, Fraksi Demokrat 61 persen, dan Fraksi NasDem-Perindo 57 persen. Kemudian empat fraksi lainnya tingkat kehadiran di bawah rata-rata, yakni Fraksi PKB 52,7 persen, Fraksi PPP 50 persen, Fraksi Partai Gerindra 49,49 persen, dan terakhir yang paling rendah adalah Fraksi PDI Perjuangan dengan 23,3 persen.

 Bahkan dalam enam kali rapat paripurna, lima kader PDI Perjuangan itu pernah kompak “bolos” pada 18 dan 19 Agustus dengan agenda penyampaian penjelasan nota Raperda tentang Perubahan APBD TA 2020 dan jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi-fraksi tentang Perubahan APBD TA 2020.

 Ketua DPRD Pandeglang, Tb Udi Juhdi menyatakan, tingkat kehadiran tersebut tentu tidak terlalu menjadi masalah, karena syarat melaksanakan rapat paripurna adalah kuorum dengan jumlah 50 persen plus satu. “Tidak masalah, karena setiap rapat paripurna itu kan kuorum,” singkat Udi, Sabtu (29/8). Meski begitu, pihaknya akan mengingatkan soal rendahnya tingkat kehadiran melalui rapat dengan para ketua fraksi. Sebab, di legislatif yang memiliki kewenangan untuk mengatur anggotanya adalah masing-masing fraksi.

 Ketua Fraksi Golkar, Tb Khatibul Umam mengatakan, tingginya tingkat kehadiran fraksinya dalam setiap rapat paripurna merupakan bentuk komitmen Partai Golkar dalam memperjuangkan amanat rakyat. Karena memang suara yang diperoleh Partai Golkar adalah suara rakyat yang mesti dijaga dan diperjuangkan.Meski tingkat kehadiran fraksinya tinggi, ke depan Fraksi Golkar akan terus berupaya lebih baik lagi. Tidak hanya soal tingkat kehadiran yang bersifat kuantitatif, melainkan kerja-kerja sebagai wakil rakyat yang lebih substantif dan kualitatif.

 Ketua DPD PKS Pandeglang, Tb Asep Rafiudin Arief mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Fraksi PKS DPRD Pandeglang yang telah aktif dalam mengikuti agenda penting DPRD, khususnya rapat paripurna.

 Sedangkan, Ketua Fraksi Demokrat, Iing Andri Supriadi mengharapkan, tingkat kehadiran anggotanya ke depan bisa lebih ditingkatkan dari saat ini yang mencapai 61 persen. “Meskipun ketidakhadiran anggota ada alasannya, misalkan lagi sakit atau kemarin dari Fraksi Demokrat kan ada yang baru lahiran, sehingga butuh istirahat beberapa bulan,” kata Iing.

 Ketua Fraksi PAN-PBB, Luky Hardian menyatakan, tingkat kehadiran sekitar 62,5 persen atau di atas rata-rata 57,2 persen dinilai cukup bagus. Apalagi Fraksi PAN-PBB merupakan fraksi gabungan yang terdiri dari PAN tiga orang dan PBB satu orang.

 Ketua Fraksi PKB, Ade Muamar menjelaskan, tingkat kehadiran fraksinya yang hanya 52,7 persen karena selama Agustus banyak kegiatan partai dalam rangka persiapan Pilkada Pandeglang 2020. Menurutnya kegiatan itu otomatis mengganggu terhadap agenda dewan

 Sedangkan, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Yadi Murodi mengaku, rendahnya tingkah kehadiran tersebut akan menjadi bahan evaluasi agar ke depan menjadi lebih baik. Ia mengaku, berterima kasih kepada media karena menyoroti kinerja dewan. Sebab, kritik tersebut sangat bagus karena bersifat konstruktif. Terima kasih, ini menjadi korektif yang konstruktif baik bagi DPRD secara lembagaan, maupun Fraksi PDIP di dalamnya. Ini menjadi bahan evaluasi kami agar ke depan tingkat kehadiran dalam rapat paripurna maupun rapat-rapat lain atau kerja dewan lainnya, semua anggota Fraksi PDIP semakin baik," tukas Wakil Ketua Komisi II ini.(rie)

 


Baca Juga