Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Layang-layang Raksasa dari Lengkong Kulon

by Editor - 07/09/2020 19:56:05
IMG

TANGERANG-Di tengah pandemi virus corona dan Covid-19, kegiatan masyarakat banyak yang dibatasi. Tak jarang membuat warga merasa jenuh karena kerap berada di rumah saja.

 Namun, itu tak berlaku bagi warga Pabuaran, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Seperti yang dilakukan Ipang. Ia memiliki kesibukan tersendiri untuk mengusir kebosanan dengan membuat laying-layang.

 Hanya saja, laying-layang yang dibuat dirinya berbeda daripada biasanya. Dia membikin laying-layang raksasa yang hanya bisa diterbangkan dengan bantuan enam orang. "Layangan itu memiliki bobot lima kilogram dengan lebar tiga meter, dan panjangnya berkisar lima meter dengan erkornya,” paparnya.

 Ia menuturkan, pembuatan laying-layang raksasa ini sendiri bukan kali pertama. Soalnya sudah sering melakukannya bersama sang ayah sejak lama. “Yang sekarang juga saya bikin bersama bapak dengan waktu pembuatannya mencapai tujuh hari,” terangnya.

 Tidak seperti layangan pada umumnya, Ipang membuat layangan itu dengan menggunakan polybag yang berukuran besar dan direkatkan dengan satu sama lain. Benang yang digunakan pun lebih tebal dari pada umumnya. Selanjutnya memakai tali peteng agar layangannya bisa berbunyi saat terbang di atas. “Dibuatnya dari plastik polybag, supaya tidak gampang rusak. Bila pakai kertas biasa, gampang robek terus gak tahan lama,” jelasnya.

 Setelah jadi, Ipang sangat senang menerbangkannya. Hanya saja tidak dilakukan setiap hari. “Dimainkan saat hari Minggu atau libur saja. Kan layangannya besar sehingga butuh tanah lapang yang luas serta teman-teman yang banyak untuk membantu menerbangkannya,” pungkasnya.(mg1)


Baca Juga