Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel Jalani Tes Kesehatan

by Editor - 08/09/2020 20:30:51
IMG

TANGERANG-Sebanyak 30 dokter dikerahkan dalam tes kesehatan jasmani tiga pasang bakal calon (balon) walikota dan wakil walikota Tangsel, di RSUD Kabupaten Tangerang, Selasa (8/9).

 Ke-30 dokter tersebut dibagi menjadi beberapa bagian dokter spesialis, seperti dokter paru-paru, jantung, THT, organ dalam, dan beberpaa spesialis lainnya untuk memeriksa seluruh kesehatan pasangan bakal calon. "Total 30 dokter yang terlibat. Karena pemeriksaan kesehatannya sangat lengkap,"ungkap Ketua Tim Dokter RSUD Kabupaten Tangerang, dr Edison Y.P Saragih.

 Dan pemeriksaan yang dilakukan kemarin, Edison mengatakan, pemeriksaan akan berlangsung untuk kesehatan bagian penyakit dalam, ortopedi atau tulang, urologi, THT atau telinga hidung tenggorokan, paru, jantung, hingga bedah secara umum. "Hampir semuanya lengkap, baik pemeriksaan utama atau fisiknya maupun pemeriksaan penunjang, karena itu yang sudah menjadi syarat tes kesehatan untuk Pemilu seperti Pilkada ini," ujarnya.

 Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, dr Naniek mengungkapkan, pada selanjutnya akan ada 9 psikolog yang terlibat dalam tes kejiwaan tiga pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Tangsel.

 Setelah itu, tiga pasangan bacalon ini langsung dites untuk mengetahui, apakah mereka bebas dari narkotika atau tidak. "Kalau untuk swab untuk bebas Covid-19, itu sudah mereka lakukan di awal. Infonya pada saat pendaftaran Pilkada, mereka ke sini sudah bawa hasil tesnya dan itu masih berlaku," ungkapnya.

 Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, bahwa untuk tahapan tes kesehatan tersebut memakan waktu dua hari. Dan pada tes psikotes tersebut tidak begitu lama dibandingkan dengan tes kesehatan. Dan untuk hasilnya tersebut, nantinya akan diserahkan dari tim dokter kepada KPU pada 11 September dan selanjutnya akan diumukan oleh KPU pada 12 September untuk hasil kesehatan tersebut.(dra)


Baca Juga