Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Renovasi Masjid Jami Al-Barkah Butuh Rp 5 M

by Editor - 09/09/2020 19:27:57
IMG

TANGERANG-Masjid Jami Al-Barkah, Kampung Pugur, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang sedang direnovasi dan akan dibangun menjadi dua lantai.

 Pembangunan masjid dilakukan karena sudah tidak bisa menampung jamaah Ketika hari-hari besar atau ada acara keagamaan yang dilaksakan di masjid. Masjid tersebut awalnya berukuran 15 x 17,5 meter persegi. Dibangun Kembali dengan luasnya akan ditambah menjadi 25 x 20 meter persegi.

“Soalnya masjid ini sudah tidak bisa menampung semua jamaah, kadang bisa sampai memenuji jalan kalau lagi Idul Fitri dan acara besar lainnya, makanya nanti akan dibangun menjadi 2 lantai,” jelas Ustad Hamid, Wakil Ketua Panitia Pembangunan Masjid.

 Selain karena sudah tidak bisa menampung jamaah yang banyak juga untuk memperbarui struktur bangunan dan arsitektur masjid. “Untuk lantai satu akan menjadi sentral semua kegiatan acara, seperti remaja masjid, pengajian,dan kegiatan masyarakat yang lain dan kalau di atas nanti khusus buat sholat, tetapi yang bawah juga bisa dipakai karena kan di atas juga tidak akan ketampung semua. Dan nanti juga bakal dibangun lagi 4 menara di setiap sisi masjid,” papar Ustad Samsudin , Panita Pembangunan Masjid.

 Setiap hari Minggu diadakan kerja bakti warga sekitar untuk membantu pembangunan. Setiap harinya terdapat enam belas pekerja delapan di antaranya warga kampung setempat. Perkiraan biaya untuk membangun masjid ini sekitar Rp 5 miliar. Pendanaan bersumber dengan menggalang dana di sekitar masjid dan gotong royong dengan warga serta membuat proposal penggalangan dana untuk perusahaan dan donatur yang ingin membantu biaya pembangunan.

 Pembangunan dimulai pada 30 Agustus 2020 sekarang sudah pada tahap pelebaran dan pemasangan besI-besi. Untuk target selesai tidak bisa dipastikan sebab dana yang dikumpulkan belum pasti mencapai targetnya.(mg1)


Baca Juga