Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Transparansi Dana CSR Covid-19 Bisa Diakses di Web Pemkot

by Editor - 10/09/2020 20:11:33
IMG

CIPUTAT-Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany memastikan bahwa anggaran Coorporate Social Responsibility (CSR) terutama yang diberikan dalam rangka penanganan Covid-19 dikelola secara transparan. Adapun pengeluaran serta pemasukan dana CSR dimasukkan ke dalam website resmi Pemkot.

 Hal tersebut diungkapkan Airin saat penandatangan nota kesepakatan dan entry briefing pemeriksaan dengan tujuan tertentu untuk penanganan Covid-19 dengan BPK RI, Kamis (10/9) di Puspemkot Tangsel, Ciputat.

 Airin menyampaikan, bahwa tranparansi ini dilakukan untuk memastikan masyarakat mengetahui bahwa Tangsel memiliki anggaran yang diperoleh dari bantuan CSR dengan catatan dan pembelanjaan yang benar dan diketahui oleh seluruh pemangku kepentingan. “Soalnya ada, jadi CSR punya anggaran Rp 100 miliar untuk nasional. Memberikan simbolisme ke Tangsel, tapi yang masuk ke kami hanya Rp 37 juta. Sementara media blowup-nya Rp 100 miliar, jadi informasinya justru keliru yang seperti itu,” kata Airin.

 Hal tersebut kerap terjadi sehingga Airin memutuskan untuk mempublikasikan anggaran CSR dan perbelanjaannya melalui wesbsite resmi. Pun bantuan yang diberikan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga pihak swasta yang senantiasa memberikan perhatiannya kepada Kota Tangsel.

 Airin mengakui bahwa pemerintah sulit menentukan warga yang diperbolehkan untuk mendapatkan bantuan. “Sehingga kami memberlakukan kebijakan, bahwa selama ada tanda tangan RT atau RW maka mereka berhak mendapatkan bantuan,” ujar Airin.

 Pandemi ini, kata walikota, tidak hanya membuat satu sektor saja terhambat. Melainkan hampir semua aktivitas, kebijakan hingga pelayanan terganggu. Karena itu, Airin berharap dengan adanya transparansi itu juga masyarakat juga bisa mendukung seluruh kebijakan dan upaya dalam memutus mata rantai Covid-19.(irm)


Baca Juga