Tangerang Selatan IMG Saturday, 26-09-2020
IMG-LOGO

KWT Mountain Sulap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayuran

by Editor - 14/09/2020 21:00:03
IMG

CIPUTAT TIMUR-Kelompok Wanita Tani (KWT) Mountain, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur menyulap lahan tidur menjadi tempat bercocoktanam. Lokasinya di samping Situ Gintung.

 Lahan KWT tersebut diresmikan Lurah Cirendeu, Win Fadlianta, Senin (14/9). “Ini sebagai upaya dalam memperkuat pangan di saat wabah Corona semakin merajalela. Satu sisi memang aktivitas masyarakat dilonggarkan tapi memang perlu kehati-hatian makanya ketahanan pangan perlu diperkuat,” ujar Win Fadlianta.

 Kebetulan memang ada lahan yang diusulkan warga sekitar kepada Ketua RW. Selanjutnya dikomunikasikan dan akhirnya dapat dibuka. Tentu ini satu kesempatan yang baik dalam memanfaatkan lahan tidur mereka jadi lahan subur dan penuh hasil. “Selama ini lahan ditanami pisang dan singkong. Dengan dikelola KWT maka beragam jenis ditanam mulai dari, cabe rawit, tomat dan sayur mayur,” tambah Win.

 Ketua KWT Mountain, Euis Hartiningsih Zailani  menjelaskan, sebagai dukungan dalam mewujudkan pangan yang aman bagi masyarakat, KWT berperan sesuai dengan fungsinya. Mendorong dalam mengembangkan lahan yang ada di sekeliling dapat dikelola dengan optimal. Masyarakat dapat menanam berbagai macam sayur mayur untuk dapat dikonsumsi sehari-hari secara sehat.

 Hal yang sama disampaikan Ketua RW Alimin. Dia menyampaikan, berkat kekompakan warga sekitar dapat terwujud gerakan ini. Tentunya seluruh warga dari perwakilan RT di RW 11 perlu terlibat bercocoktanam. Sehingga warga memiliki kecintaan dan minat dalam mengelola lahan di sekitar rumah. “Dengan metode seperti ini, perwakilan seluruh RT nanti bergantian untuk ikut bercocoktanam. Berharap mereka nantinya dapat mengelola lahan di rumah masing-masing melalui polibag atau media tanam yang lain, “ tukasnya. (din)


Baca Juga