Tangerang Selatan IMG Tuesday, 29-09-2020
IMG-LOGO

Bapenda Tutup Layanan Pajak Tatap Muka

by Editor - 15/09/2020 19:54:53
IMG

SERPONG-Kian merebaknya Covid-19 membuat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menghindari layanan pajak dengan tatap muka. Kini para wajib pajak bisa membayarkan pajaknya secara online atau lewat WhatsApp.

 Untuk pelayanan Pajak Daerah Bidang II atau non PBB dan BPHTB sudah sepenuhnya dilakukan secara online. Kecuali pelayanan pajak reklame masih ada beberapa wajib pajak yang datang secara langsung ke pelayanan pajak Bapenda.

 “Mulai 14 September kemarin, sesuai arahan kepala Bapenda, Kami menutup pelayanan secara tatap muka. Wajib pajak, kami dorong untuk melakukan pembayaran dan konsultasi pajak secara online. Sejak penutupan permohonan pajak daerah yang masuk secara Online ada 7 Wajib pajak reklame,”ungkap Faisal Rachman, Kepala Pajak Daerah Bidang II Bapenda Kota Tangsel.

 Faisal berharap dengan dilakukannya penutupan pelayanan tatap muka, wajib pajak dapat terbiasa untuk menunaikan kewajiban perpajakannya secara online. “Bagi wajib pajak daerah II atau pajak non PBB dan BPHTB, seperti pajak hotel, restoran, hiburan, parkir, air tanah dan reklame, bisa menghubungi nomor WhatsApp ke nomor 089625418553 atau 08138780015,” jelasnya.

 Hal sama pun dilakukan oleh Pajak Bidang I. Mereka menerapkan pembayaran dan konsultasi melalui online. Kepala Pajak Daerah Bidang 1 pada Bapenda Kota Tangsel, Indri Sari menjelaskan, secara online ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kerumunan pada pelayanan pajak daerah dua. “Kami memberlakukan pelayanan secara online baik PBB maupun BPHTB. Sebetulnya dari PSBB pertama kali pun kami sudah menerapkan pelayanan online, tetapi masih saja banyak masyarakat yang belum terbiasa online dan masih datang ke Kantor Pelayanan,”jelasnya.

 Dengan tidak ada pelayanan tatap muka bukan berarti tidak ada pelayanan PBB dan BPHTB. Per 14 September saja pelayanan PBB yang masuk secara online sudah ada lebih dari 100 pemohon pelayanan. “Sementara pelayanan BPHTB dan Validasi BPHTB sudah kami lakukan sepenuhnya secara online. Tetapi kami juga tidak kaku dalam pelayanan, jika ada masyarakat yang benar-benar tidak mampu memanfaatkan teknologi online, kami buka melalui email ataupun melalui pesan WhatsApp,”jelasnya.

Untuk masyarakat yang tidak bisa online, bisa dapat menghubungi nomor telp 08119888311 atau 08118887266, dengan berkas seperti dokumen dan lainnya bisa kirim ke nomor WhatsApp tersebut. Dan untuk masyarakat yang ingin menggunakan email bisa ke alamat pelpbbbphtb@gmail.com berkas validasi  BPHTB onlinepbbbphtb@gmail.com dengan mengirimkan berkas pelayanan PBB dan BPHTB dalam bentuk digital (PDF, JPEG, JPG).(irm)


Baca Juga