Tangerang Selatan IMG Tuesday, 29-09-2020
IMG-LOGO

Pemkot Tangsel Awasi Mutu Ikan di Pasar

by Editor - 16/09/2020 20:33:56
IMG

BINTARO-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel mengadakan pengawasan dan peningkatan mutu hasil perikanan. Pengawasan tersebut dilakukan di Pasar Modern Bintaro Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Rabu (16/9).

 Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Tangsel, SS Nugraheni mengatakan, kegiatan pengawasan mutu hasil perikanan ini dilakukan sekali dalam sebulan keliling pasar yang ada di Tangsel, untuk bulan ini dilakukan pengawasan mutu di Pasar Modern Bintaro Jaya. “Kita ingin mengecek kandungan ikan apakah mengandung formalin atau tidak, agar aman dikonsumsi masyarakat,”ungkapnya.

 Nugraheni menjelaskan, pengawasan mutu ini dilakukan agar ikan yang memiliki nilai gizi tinggi dapat diawasi dari kandungan zat berbahaya khususnya formalin. “Kita mengambil sample untuk diuji di laboraturium yang sudah terakreditasi di UPTD Pengujian dan Penerapan mutu hasil perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten,”jelasnya.

 Jika dalam hasil uji lab, ditemukan formalin, maka DKP3 Tangsel akan memberitahukan hasilnya ke pengelola pasar dan pihak pengelola yang akan memberikan informasi kepedagang yang ada di pasar tersebut.

 Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi keamanan ikan yang dijual di Kota Tangsel agar tidak ada yang mengandung bahan berbahaya terutama formalin. “Kita ingin apa yang dikonsumsi masyarakat itu benar-benar sehat, sehingga aman untuk mereka,”singkatnya.(irm)


Baca Juga