Tangerang Selatan IMG Wednesday, 28-10-2020
IMG-LOGO

Ada Homestay di Kampung Wisata Keranggan

by Editor - 24/09/2020 19:08:07
IMG

SETU-Kampung Wisata Keranggan, Kecamatan Setu mengikuti penilaian tingkat Banten. Masyarakat di kampung tersebut sangat kreatif dalam membuat makanan khas. Kini di wilayah itu tersedia homestay (penginapan) untuk para pengunjung.

 Pelaksana Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Wibowo menerangkan, program kemandirian ekonomi masyarakat melalui program apresiasi industri usaha pariwisata Indonesia bertujuan memajukan wisata di setiap kabupaten kota. Di Kota Tangsel Kampung Wisata Keranggan yang ditunjuk dan dikembangkan melalui pembinaan secara berkelanjutan selama ini.

 “Salah satu yang merupakan jadi bagian penilaian di Tangsel adalah Kampung Wisata Keranggan yang mana salah satunya di dalamnya penilaiannya ada home stay. Di Tangsel sebetulnya ada lima menjadi rintisan yaitu Kampung Wisata Keranggan Kecamatan Setu, Kampung Jawa Wadansari di Pondok Betung Pondok Aren, Lengkong Karya Serpong, Parigi Pondok Aren dan Setu Kecamatan Setu,“ terangnya.

 Lokasi Kampung Keranggan salah satu yang cukup representatif sehingga menjadi pilihan Provinsi Banten untuk diikutsertakan pada tingkat nasional yang dilakukan pendampingan oleh Kementerian Pariwisata sebagai kampung wisata rintisan pertama di Kota Tangsel. Semua ini dalam rangka pemberdayaan  ekonomi masyarakat melalui pengembangan  pariwisata. Cukup membantu sekali dengan konsep seseperti ini.

 “Maka muncul mengapa homestay dikembangkan. Tujuannya supaya masyarakat memiliki alternatif dengan sumber pendapatan secara mandiri, “ imbuhnya.

 Kampung Keranggan sudah cukup lama dilakukan edukasi dalam segala aspek dan sekarang sudah ada 10 rumah yang siap untuk penginapan tamu yang berkunjung ke Keranggan. Para tamu pada umumnya bukan hanya menginap tapi melalui perjalanan rekreasi menyenangkan. Maka untuk memberikan yang terbaik disiapkan. Mulai dari ruang tamu, rumah makan dan dapur dibuat dengan rapi.

 Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Wisata Keranggan (ekowisata) Alwani menjelaskan, kedatangan tim penilai tentu menjadi yang ditunggu-tunggu. “Penilaian dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan dinaikan penilaian ke tingkat nasional. Alhamdulillah suport dari Dinas Pariwisata Kota Tangsel untuk kegiatan di Keranggan terus dilakukan,“ ucapnya.

 Alwani menambahkan, dengan adanya homestay masyarakat sudah siap untuk mengikuti mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. “Adanya homestay penilaian untuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) apakah di Kampung Wisata Keranggan melakukan protokol kesehatan. Di situlah ada penilaian karena yang paling terpenting menerapkan protokol kesehatan. “Spanduk dan lain-lain sudah ada. Dan standarnya setiap rumah menyediakan tempat mencuci tangan sarana dan menerapkan protokol kesehatan,“ tutupnya.(din)

 


Baca Juga