Tangerang Selatan IMG Tuesday, 27-10-2020
IMG-LOGO

Kader Jumantik Cirendeu Siap Berantas DBD

by Editor - 24/09/2020 20:16:16
IMG

CIPUTAT TIMUR-Guna mencegah munculnya penyakit demam berdarah dengue (DBD), Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur membentuk kader juru pemantau jentik (Jumantik). Sedikitnya 80 Kader Jumantik mengikuti kegiatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat pelatihan kader kesehatan masyarakat di Kelurahan Cirendeu.

 Lurah Cirendeu, Win Fadlianta menyampaikan, dalam menghadapi pergantian musim panas ke penghujan biasanya muncul jentik-jentik nyamuk yang berkembang menjadi nyamuk dengue yang kemudian timbul DBD. Kendati soal jentik biasanya tanpa ada penghujan pun jentik terus tumbuh.

 "Maka dari itu dibutuhkan kader Jumantik yang tugasnya selalu melakukan pemantauan di lingkungan masing-masing serta mengajak kepada warga untuk turut serta bebas jentik," jelasnya.

 Satu rumah satu kader jumantik dengan satu kader menangani 20 sampai 25 rumah. Totalnya ada 12 RW dengan satu RW ada dua kader Jumantik. Kader selain mengecek jentik, mengajak selalu menutup bak atau kaleng terbuka, serta menimbun agar tidak dijadikan sarang nyamuk.

 "Serta mengajak agar menjaga pola hidup sehat.  Pola hidup sehat memang harus selalu diserukan karena ini menyangkut kebiasaan masyarakat. Untuk dapat merubah kebiasaan masyarakat harus terus menerus dilakukan," imbuh Win.(din)


Baca Juga