Tangerang Selatan IMG Tuesday, 27-10-2020
IMG-LOGO

Calon KPPS Wajib Ikuti Rapid Test

by Editor - 30/09/2020 19:55:21
IMG

SETU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel membuka pendaftaran untuk calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada 2020. Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya bertugas lima orang KPPS dan seluruhnya wajib ikut rapid test.

 Anggota KPU Kota Tangsel, Ade Wahhyu Hidayat mengatakan, bahwa pendaftaran untuk para calon KPPS tersebut dimulai sejak 7 Oktober sampai 13 Oktober. Ade berharap partisipasi peserta yang ikut mendaftar menjadi KPPS cukup tinggi. Karena beban kerja untuk menjadi anggota KPPS di Pilkada Tangsel tidak begitu berat dibandingkan dengan beban KPPS pada saat Pemilu 2019 lalu.

 “Yang terpenting saat ini ialah banyaknya pendaftar, dan kami juga optimis yang akan mendaftar nanti banyak. Mengingat beban kerja menjadi KPPS di Pilkada ini jauh lebih ringan dibandingkan beban kerja pada saat Pemilu 2019 kemarin yang sangat berat. Jadi kami harap juga banyak masyarakat yang ikut mendaftar,” ujarnya.

 Proses rekrutmen KPPS ini juga berbeda dengan pada pemilu sebelumnya. Dimana saat ini pada masa pandemi Covid-19, terdapat tes kesehatan berupa rapid test terhadap seluruh peserta yang akan ikut tahapan tes KPPS.

 “Nanti mereka akan mengikuti rapid test terlebih dahulu, sebelum mengikuti tahapan tes selanjutnya. Dan untuk rapid test seluruh KPPS ini kami juga sudah bekerja dengan rumah sakit swasta dan juga rumah sakit pemeirntah,” ujarnya.

 Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, pihaknya akan terus memperhatikan persoalan kesehatan para petugas di lapangan, dan memastikan juga kepada publik bahwa TPS nantinya akan benar-benar aman dan sehat sehingga masyarakat hadir dan menggunakan hak pilihnya.

 “Kami juga akan pastikan bahwa tidak ada kontak fisik antara petugas KPPS dengan pemilih nantinya di TPS. Seluruh petugas nantinya akan dilengkapi dengan APD sesuai protokol kesehatan, bahkan tinta nanti tidak dicelup tetapi diteteskan sehingga di TPS nanti tidak akan ada kontak fisik,” ungkapnya.(dra)


Baca Juga